Sunday 28 August 2016

CARA MEMBUBUT TIRUS DENGAN TAPER ATTACHMENT _ 2

Membubut tirus dengan taper attachment memang membubuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan membubut tirus dengan eretan atas atau dengan menggeser tail stock.Karena disana ada proses mengubah fungsi eretan lintang dan eretan atas.Untuk lebih jelasnya silahkan dibaca pada artikel sebelumnya atau bisa klik pada link berikut ini.

cara membubut tirus dengan taper attachment - 1

Kali ini kita akan membahas tentang kelanjutan dari cara membubut tirus dengan menggunakan taper attachment.Cara kerja dari taper attachment ini sebenarnya hampir sama dengan cara membubut tirus secara menual yang sering saya lakukan,yaitu dengan menggerakkan eretan bawah dan lintang secara bersamaan.Cara membubut ini biasa saya lakukan untuk membubut pekerjaan yang kasar,misalnya untuk membuat kampuh las bentuk " V ".Bedanya adalah ketika kita membubut tirus dengan taper attachment eretan bawah dan lintang akan berjalan secara otomatis dan bersamaan.

cara membubut tirus dengan taper attachment

Perhatikan gambar diatas,terutama pada nomor 3,4,5 dan 6.Pada bagian inilah yang nantinya akan berfungsi untuk menggerakkan ertan lintang secara otomatis.Hal ini terjadi karena bushing ( 4 ) yang terhubung dengan eretan lintang melalui penghubung ( 5 ) yang diikat dengan dengan sebuah baut ( 3 ) akan beregerak melalui as penghantar ( 6 ).Jika penghantar ini diseting miring dengan sudut tertentu,maka eretan lintang pun akan ikut bergerak miring mengikuti kemiringan penghantar tersebut.Mengapa eretan lintang bisa bergerak secara otomatis arah memanjang dan melintang sedangkan sebenarnya eretan lintang hanya mempunyai gerakan arah melintang ?.Jawabannya adalah ketika eretan bawah berjalan secara otomatis maka eretan lintang pun akan terbawa untuk bergerak ke arah memanjang.Karena eretan lintang ini terhubung dengan penghantar taper attachment yang miring posisinya,maka dengan sendirinya eretan lintang ini akan bergerak kearah melintang sedikit demi sedikit.Satu hal yang perlu diingat adalah,ketika membubut tirus dengan taper attachment,eretan lintang ini ada bagian yang harus dilepas sehingga eretan ini bisa digerakkan hanya dengan mendorongnya tanpa harus memutar handel.Pada proses membubut tirus dengan taper attachment maka yang berfungsi untuk mendorong eretan lintang adalah penghantar yang diseting miring dengan sudut tertentu.

CARA MEMBUBUT TIRUS DENGAN TAPER ATTACHMENT


Proses membubut tirus dengan taper attachment mempunyai sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan proses membubut tirus dengan menggunakan eretan atas maupun dengan menggeser kepala lepas /  tailstock.Langkah-langkah dalam proses membubut tirus dengan taper attachment antara lain :
  1. Memeriksa gambar dengan cermat.Hal ini bisa berfungsi untuk menentukan dengan cara manakah kita akan membubut sebuah ketirusan.
  2. Memeriksa kesesuaian antara bahan mentah dengan gambar.
  3. Mengikat benda kerja pada ragum.Langkah ini sama dengan pada proses membubut tirus dengan menggeser eretan atas.
  4. Bubutlah benda kerja menjadi setengah jadi,sehingga proses terakhir adalah proses membuat ketirusan.
  5. Memasang dan mempersiapkan taper attachment.
  6. Dekatkan pahat bubut pada benda kerja dan tentukan pada lubang yang manakah kita akan menghubungkan taper attachment dengan eretan lintang.Lihat lubang-lubang yang ada pada gambar no 5 serta baut no 3.Doronglah rumah pisau dengan tangan hingga pahat mendekati benda kerja,pilih lubang baut yang sesuai kemudian kencangkan.
  7. Dekatkan pahat terhadap benda kerja dengan menggunakan eretan atas tentukan ketebalan pembubutan dan mulailah proses membubut hingga selesai.
Diantara hal-hal yang mempengaruhi hasil kerja pada proses membubut tirus dengan taper attachment antara lain :
  1. Ketajaman pahat bubut.
  2. Peregerakan eretan lintang ketika membubut.Hal ini di pengaruhi oleh lancar tidaknya pergerakan bushing terhadap penghantar taper attachment.Pastikan bagian ini bekerja dengan baik dan berilah pelumas ketika proses membubut.
  3. Kesabaran dan ketekunan seorang operator mesin bubut.
Sedikit gambaran tentang cara membubut tirus dengan taper attachment yang saya sampaikan ini semoga mudah dipahami dan semoga bermanfaat.TUKANG BUBUT amatiran.









No comments:

Post a Comment