Wednesday 10 August 2016

CARA MEMBUBUT TIRUS DENGAN ERETAN ATAS

Salah satu dari pekerjaan permesinan terutama dengan menggunakan mesin bubut adalah membubut benda kerja tirus atau istilah umumnya lancip/konis.Ada tiga cara untuk membubut benda kerja tirus ini,yaitu :

  1. Membubut tirus dengan menggeser eretan atas.
  2. Membubut tirus dengan menggeser kepala lepas/tail stock
  3. Membubut tirus dengan alat khusus tapper attachment
Dari ketiga cara diatas masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.Tingkat dasar dari tiga cara membubut tirus diatas adalah membubut tirus dengan menggeser eretan atas,yang paling rumit adalah dengan menggunakan tapper attachment.


MEMBUBUT TIRUS DENGAN MENGGESER ERETAN ATAS

membubut tirus dengan menggeser eretan atas

Eretan atas merupakan bagian dari eretan mesin bubut yang tidak bisa digerakkan secara otomatis.Oleh karena itu maka kelemahan dari membubut tirus dengan eretan atas ini adalah proses pembubutannya yang tidak bisa dilakukan secara otomatis,harus manual.Sedangkan kelebihannya adalah mampu membubut tirus dengan sudut yang besar hampir mendekati 90 derajat.Hal ini karena eretan atas mesin bubut dapat diputar secara penuh yaitu 360 derajat.Tidak seperti membubut tirus dengan menggeser tail stock yang tidak bisa membubut tirus dalam,kelebihan lain dari membubut tirus dengan menggeser eretan atas ini adalah mampu/bisa digunakan untuk membubut tirus dalam/lubang.

Untuk proses penggeseran eretan atas ini pun sangat mudah,tinggal mengendurkan baut yang mengikat eretan atas ini kemudian kita putar sesuai dengan sudut yang kita inginkan.Jika kita melihat gambar diatas maka disana terdapat dua buah baut yang mengikat eretan atas.Disana juga terdapat garis-garis yang menunjukkan nilai dari berapa derajat eretan atas ini kita geser,pada mesin bubut biasanya terdapat angka-angka yang menunjukkan nilai/besaran sudutnya.Besaran sudut eretan atas ini akan sama dengan besaran sudut benda kerja yang dibubut.Sebagai gambaran akan saya jelaskan langkah-langkah untuk membubut tirus dengan eretan atas ini.

  1. Kita asumsikan bahwa benda kerja sudah terpasang dengan benar pada ragum dan siap untuk dibubut tirus.
  2. Pada langkah kedua ini tentunya kita akan menggeser eretan atas,maka matikanlah mesin dan jauhkan eretan dari ragum untuk memberikan jarak aman.
  3. tentukan sudut yang kita inginkan,misalnya 30 derajat.
  4. Ambil kunci yang sesuai dengan baut yang mengikat eretan atas.
  5. kendurkan semua baut yang mengikat eretan atas,biasanya ada dua baut atau empat baut untuk mesin bubut ukuran besar.
  6. Pegang handel eretan atas ( atau bagian lainnya ) dan putarlah eretan atas sesuai dengan sudut yang diinginkan,30 derajat.
  7. Kencangkan kembali baut pengikat eretan atas dan letakkan kunci pada tempat yang aman.
  8. Cobalah memutar handel eretan atas,jika terasa berat maka bisa jadi eretan ini masih dalam keadaan terkunci.Usahakanlah agar eretan atas ini bisa begerak dengan ringan layaknya eretan lintang.
  9. Nyalakan mesin,dekatkan pisau ke benda kerja dan mulailah membubut tirus dengan eretan atas.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membubut tirus dengan eretan atas ini agar mendapatkan hasil yang bagus antara lain :
  1. Tingkat ketajaman pisau/pahat bubut.
  2. Putaran ragum/mesin.Gunakanlah rpm yang ideal,sesuaikan dengan benda kerja.
  3. Berat/ringan pergerakan eretan atas.Jika gerakan eretan atas ini berat tentu akan mempengaruhi hasil dari bubutannya.Maka usahakan agar eretan ini berjalan dengan ringan dan lancar.Hal ini bisa diatasi dengan memberikan pelumas atau menyetel baut penyetel eretan atas ( tidak semua mesin ada ).
  4. Keterampilan operator/tukang bubut.Karena proses ini berjalan secara manual tentu tingkat keterampilan atau keluwesan tangan operator sangat berpengaruh terhadap hasil bubutan ini.

Semoga mudah dipahami dan semoga bermanfaat.

TUKANG BUBUT amatiran.

No comments:

Post a Comment