Friday 5 February 2016

cara membaca tabel mesin bubut untuk eretan lintang

OTOMATIS ERETAN LINTANG


     
     Setelah kita bahas tentang otomatis eretan bawah ( klik di sini ) sekarang kita lanjutkan dengan eretan lintang.Untuk handel - handel yang dipindah adalah sama dengan pada saat mengoperasikan untuk eretan bawah,yang membedakan adalah nilai dari cutting speednya.Dan tabel yang dibaca juga berbeda.Yaitu tabel yang ada disebelah tabel untuk eretan bawah.Perhatikan tanda tabelnya,carilah tabel dengan arah anak panah keatas.Tanda ini berarti tabel dibawahnya merupakan tabel untuk otomatis eretan lintang.Silahkan sobat sekalian pilih nilai dari cutting speednya dan geserlah handel - handelnya dengan cara yang sama pada eretan bawah.


TIPS DAN TRIK DARI TUKANG BUBUT amatiran

   Pada prinsipnya nilai dari cutting speed untuk eretan lintang ini tidak boleh sama dengan eretan bawah,bahkan terkadang harus dua kali lipatnya.Hal ini dikarenakan jika menggunakan nilai cutting speed yang sama maka eretan lintang ini akan berjalan sangat lambat sehingga pekerjaan jadi sangat lama.Oleh karenanya  TUKANG BUBUT amatiran akan mencoba memberikan tips kepada sobat sekalian.
  1. Perhatikanlah handel - handel untuk eretan bawah.Sebagai contoh yang TBa gunakan adalah n , 1 , dan  A
  2. Setelah itu pilihlah kode ABCD dan pindahkan satu demi satu sambil dijalankan otomatis eretan lintangnya .Pahat jangan ditempelkan pada benda kerja.
  3. .Perhatiakan pergerakan pada eretan lintang ketika handel dipindah - pindah yaitu dari A,B,C dan D.Pasti berbeda kecepatannya.
  4. Ingat,jangan pilih A karena sudah digunakan untuk eretan bawah,maka cobalah B C atau D.Mulailah dengan B,tempelkan pisau pada benda kerja dan mulailah membubut rata melintang.
  5. Jika dirasa eretan berjalan lambat maka dalam kondisi pisau tetap berjalan,pindahkan handel pada posisi C,jika dirasa masih lambat maka pindahkan lagi ke posisi D,jika hasil kelihatan kasar,tidak halus,maka kembalikan pada posisi C.Dan jika menganut pada tabel diatas,maka handel C inilah yang TBa gunakan untuk membubut rata melintang.
  6. Sebagai catatan ,handel - handel eretan bisa di pindah - pindah meskipun mesin / ragum sedang berputar.
  7. Pada tingkat pekerjaan seperti inilah kecerdikan seorang operator mesin bubut dibutuhkan.
     Maksud dari tips yang TBa bagikan ini adalah untuk menghindari banyaknya pergerakan operator ketika mengoperasikan mesin bubut.Untuk mengganti otomatis eretan bawah ke eretan lintang kita tidak perlu memindah banyak handel ,cukup 1 saja.Yang terpenting adalah ketika kita akan pindah lagi ke otomatis eretan bawah maka JANGAN LUPA untuk memindah handelnya lagi pada posisi A,kesalahan inilah yang sering terjadi dan menyebabkan pisau patah.

    Jika mengacu pada tips dan trik yang TBa bagikan ini, maka tabel untuk eretan lintang secara otomatis tidak digunakan.Selamat mencoba .TBa






No comments:

Post a Comment