Thursday 12 November 2015

HIDROLIK : KOMPONEN - Cover depan

COVER


 Cover,sesuai namanya bagian ini berfungsi sebagai tutup hidrolik.Cover terdiri dari 2 macam,caver depan dan cover belakang.Cover depan merupakan bagian yang berhubunngan dengan tabung dan as/rod hidrolik,sedangkan cover belakang merupakan bagian yang menutup hidrolik dan berhubungan langsung dengan clevis.

 Cover depan,bagian ini di buat sedemikian rupa sehingga bagian diameter luarnya dibuat anti kebocoran dan menyambung dengan tabung.Sedangkan bagian dalamnya dibuat anti kebocoran terhadap rod / as hidrolik .Jadi bagian luarnya terdapat o-ring / seal,sedangkan bagian dalamnya terdapat wear ring atau bronze sebagai bantalan terhadap rod/as hodrolik,rod seal sebagai seal anti kebocoran dan terdapat dush seal sebagai pelindung rod/as hidrolik dari debu atau biasa juga disebut wiper.

METODE PENYAMBUNGAN COVER TERHADAP TABUNG HIDROLIK


 1.Derat

Seperti gambar,jadi cover langsung diderat.Kelebihan dari metode ini adalah proses permesinan dan bahan material yang dibutuhkan sangat sedikit.Sedangkan kelemahannya adalah proses pemasangannya harus hati-hati dan jeli,jika tidak ini akan mengakibatkan kerusakan pada derat yang berakibat gagal produksi.Dibutuhkan tangan-tangan yang ahli dan personel yang terampil.Kelemahan lain dari metode ini adalah ketika sudah masuk masa servis.Terkadang derat ini sudah mulai karatan sehingga rusak dan lebih parahnya terkadang tidak bisa dibongkar.

2.Baut
Metode ini menyambungkan cover dengan tabung menggunakan baut.Kelebihannya adalah lebih mudah dalam pemasangannya.Kelemahan dari metode ini antara lain :

  1. Proses permesinan lebih lama dan lebih banyak.Hal ini karena bahan lebih besar dari metode derat.Membutuhkan proses permesinan tidak hanya mesin bubut tapi juga mesin bor dan pengetapan.
  2. Benda kerja tidak hanya satu melainkan ada dua,1 sebagai cover yang lainnya sebagai ring yang dibuat menempel ditabung sebagi tempat baut.
  3. Memerlukan baut sebagai pengikat dan tentu ini menambah modal dalam membuatnya.
 Intinya metode ini membutuhkan waktu lebih lama dan modal yang lebih banyak.

3.Snap ring
Metode ini menggunakan snap ring sebagai alat penyambungnya.Metode ini jarang digunakan di tempat saya bekerja,hal ini dikarenakan ketika proses pemasangan maupun pembongkaran,seal-seal hidrolik terutama wear ring sering sekali menyangkut di groove snap ring.Hal ini mengakibatkan kesusahan saat memasang maupun servis hidrolik.Bahkan pernah terjadi as hidrolik harus didorong dengan hidrolik lain untuk mengeluarkannya dari tabung saat servis.Saran saya jika memilih metode ini,perhatikanlah seal-seal dan grove snapringnya.

Mungkin ini saja ulasan bab cover hidrolik.Metode metode lain mungkin masih banyak,karena keterbatasan ilmu maka jika ada yang perlu dikoreksi silahkan saja.Metode ini sifatnya opsional,terserah desaigner dalam memilihnya.Semua punya kelebihan dan kekurangan.semoga bermanfaat.Tukang Bubut amatiran.
.

No comments:

Post a Comment