Friday 7 October 2016

CARA MENGETAP DENGAN MESIN BUBUT


cara mengetap dengan mesin bubut


Mengetap,merupakan salah satu pekerjaan di bidang permesinan yang bertujuan untuk membuat drat dalam.Proses pekerjaan ini membutuhkan suatu alat bantu utama yang disebut dengan TAP atau HAND TAP.Alat ini mempunyai bentuk seperti baut yang di buat beberapa alur yang berfungsi sebagai jalur keluarnya tatal bekas tap-tapan.Secara umum tap terbagi dalam 3 macam yaitu tap no 1,2 dan 3.
  1. Tap no 1 adalah sebuah tap yang harus digunakan pada langkah pertama ketika mengetap.Tap ini bisa juga disebut sebagai tap permulaan.Tap ini mempunyai ciri-ciri bagian rata pada mata tap ( lancip-lancip ) paling banyak diantara tap lainnya.
  2. Tap no 2,tap ini digunakan pada langkah kedua pengetapan.Tap ini mempunyai jumlah bagian rata yang lebih sedikit dibanding tap no 1.
  3. Tap no 3.Tap ini berfungsi sebagai tap finishing.Tap ini digunakan pada langkah terakhir proses pengetapan.Tap ini mempunyai bagian rata paling sedikit dibanding tap yang lainnya.
Kebiasaan TUKANG BUBUT amatiran 

Ketika mengetap sebuah lubang yang tembus biasanya saya hanya menggunakan tap no 2.Hal ini saya lakukan untuk menyingkat proses kerja.Meskipun demikian,walaupun hanya menggunakan tap no 2 hasil dari tap-tapan ini sudah bisa dimasukkan bautnya secara sempurna.Akan lain ceritanya jika harus mengetap sebuah lubang yang tidak tembus.Saran saya gunakanlah tap no 1 atau 2 terlebih dahulu supaya enteng mengetapnya.Proses mengetap seperti ini juga harus diakhiri dengan tap no 3 supaya hasilnya bagus dan sama sampai akhir drat.Sekedar saran saja,jangan mengetap dengan menggunakan tap no 3 terlebih dahulu atau hanya menggunakan tap no 3 saja,hal ini mengakibatkan putaran tap menjadi berat dan sangat beresiko patah.

MENGETAP DENGAN MESIN BUBUT


Mengetap juga bisa dilakukan dengan menggunakan mesin bubut.Biasanya proses mengetap dengan mesin bubut ini saya lakukan untuk drat dengan ukuran sekitar 8 sampai 14 mm,dan ini sifatnya opsional , bebas terserah tukang bubutnya.

Langkah-langkah mengetap drat M 12 x 1.75 dengan mesin bubut.
  1. Persiapkan alat-alat untuk mengetap diantaranya hand tap M 12 x 1.75,gagang tap,mata bor 10.5 , pelumas,bor senter dan senter hidup mesin bubut.
  2. Pasang benda kerja.Lakukan bubut facing kemudian buatlah sebuah cekungan kecil pada senter benda kerja dengan memggunakan pisau kanan , atau bisa juga mengebornya dengan menggunakan bor senter..Cekungan ini berfungsi untuk membantu mata bor agar lurus dan diam saat proses mengebor.
  3. Perhatikan tap nya.Pada bagian belakang dari tap ini terdapat sebuah titik kecil yang menerupai sebuak ketrikan.Titik ini berfungsi untuk meluruskan hand tap terhadap lubang yang akan di tap.Oleh karena itu pastikanlah bahwa ujung senter mesin bubut harus benar-benar masuk pada titik ini ketika akan memulai proses mengetap dengan mesin bubut.
  4. Pasang senter hidup pada kepala lepas / tail stock dan dekatkan pada benda kerja dengan perkiraan masih ada ruang yang cukup untuk memasang tap pada benda kerja.
  5. Letakkan tap yang sudah di pasang gagangnya pada lubang yang akan di tap.Dorong senter dengan memutar handel tail stock dan pastikan ujung senter masuk pada titik kecil yang ada pada ujung tap kemudian kuncilah tail stock terhadap meja mesin.
  6. Dorong rumah pisau dengan menggunkan eretan lintang mendekati gagang tap.Posisikanlah rumah pisau ini menjadi tumpuan gagang tap.Perhatikan lingkaran biru pada gambar di atas.Ketika ragum di putar,tap ini diam tidak ikut berputar,dan inilah fungsi dari rumah pahat sebagai tumpuan gagang tap.
  7. Matikan mesin dan posisikan pada rpm netral,sekaligus berikan pelumas pada tap dan luabangnya.
  8. Ambil kunci ragum,letakkan pada posisinya ( lubang yang ada di rahang ragum ) dan pegang dengan menggunakan tangan kiri.Bersamaan dengan itu letakkan tangan kanan anda pada handel tail stock.Posisi ini merupakan posisi persiapan operator / tukang bubut untuk memulai mengetap.
  9. Putar ragum secara manual dengan menarik kunci ragum kebawah.bersamaan dengan itu putarlah handel tail stock ke depan sehingga tap ikut bergerak maju mengikuti putaran ragum.
  10. Pindahkan kunci ragum pada lubang selanjutnya , tarik kembali ke bawah dan kembalai dorong tap dengan memutar handel tail stock secara bersamaan.Begitu seterusnya memutar ragum dan handel tail stock secara bersamaan.
  11. Lakukan berulang-ulang jika perlu berikan sedikit putaran balik untuk memutus tatalnya.
Tipa ringan ala TUKANG BUBUT amatiran ,semoga bermanfaat.

Silahkan di baca juga :

No comments:

Post a Comment