Saturday 1 October 2016

CARA MENJEPIT BENDA KERJA TAK BERATURAN / CLEVIS HIDROLIK


setting benda kerja tak beraturan dengan rahang empat ( clevis hidrolik arm roll )


Clevis hidrolik merupakan bagian dari hidrolik yang akan digunakan sebagai tempat untuk menempatkan pin hidrolik.Pin ini akan menghubungkan hidrolik dengan sesuatu yang akan diangkat atau didorong dengan hidrolik itu sendiri.Clevis ini mempunyi bentuk yang bermacam-macam dan terkadang tidak beraturan.Seperti yang tampak pada gambar di atas,clevis ini mempunyai bentuk persegi panjang tetapi salah satu ujungnya berbentuk setengah lingkaran.Bentuk seperti ini biasanya disebut dengan mal atau pola.

Cara terbaik untuk mengikat bendaa kerja seperti gambar diatas adalahh dengan menggunakan ragum rahang empat.Meskipun bisa juga menggunakan ragum rahang tiga.Mengikat dengan menggunakan ragum rahang tiga akan memerlukan peralatan tambahan yaitu berupa pipa yang akan dilas titik pada bagian tertentu yang akan digunakan sebagai tempat untuk mengikat clevis ini di ragum.Penggunaan ragum rahang tiga juga akan menambah proses pekerjaan yaitu pengelasan dan penggerindaan untuk melepas pipa yang tadi di las.

CARA MENJEPIT BENDA KERJA DENGAN RAHANG EMPAT


Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan untuk menjepit benda kerja di atas.Sebagai catatan benda di atas mempunyai ukuran 100 x 150 mm tebal 50 mm.
  1. Seperti gambar di atas , ragum saya bagi menjadi 4 bagian yaitu rahang 1 sampai 4.Bukalah masing - masing rahang dengan lebar yang sama yaitu 100 mm.Usahakan jarak masing - masing rahang ini sama jika diukur dari titik tengah ragum,gunakanlah garis - garis lingkaran yang ada pada ragum sebagai parameternya.
  2. Lebarkan rahang no 1 hingga berjarak 155 mm dari rahang no 3 dan lebarkan rahang no 2 hingga berjarak 105 mm dari rahang no 4.
  3. Pasang benda kerja dan kencangkan pada rahang no 1 dan 2.
  4. Lakukan setting benda kerja pada permukaannya terlebih dahulu baru kemudian setting kesenterannya.
  5. Seperti yang tampak pada gambar no 1,cara setting kesenteran benda kerja ini dilakukan pada bagian benda kerja yang berbentuk setengah lingkaran.Letakkan jarum dial pada bagian ini dan senterlah benda kerja ini pada bagian yang terikat pada rahang no 2 3 dan 4.Cara ini mempunyai kelebihan yaitu senter yang langsung mengarah pada benda kerja.Kelemahan dari cara ini adalah ketika harus membubut dalam jumlah yang banyak.Proses setting dengan cara ini akan memakan waktu yang lumayan banyak karena biasanya benda seperti ini hasil potongannya tidak rapi bahkan cenderung miring.
  6. Cara lain ( gambar no 2 ) untuk nyetting benda kerja ini adalah dengan melakukan setting pada rahang ragumnya terutama rahang yang mengikat bagian setengah lingkarannya ( rahang 2 3 dan 4 ).Kelebihan dari cara ini adalah proses setting yang cepat ketika harus membubut dalam jumlah yang banyak.Meskipun benda kerja mempunyai bentuk yang tidak bagus , sudah pasti tidak akan berpengaruh apa -apa karena yang di setting adalah ragumnya.Kelemahan dari car aini adalah jarak rahang no 1 yang terlalu jauh,oleh karena itu jarum pasti akan berbenturan dengan rahang ini.Solusi untuk masalah ini adalah lakukan proses setting dengan bolak - balik dari rahang 2 3 4 kemudian 4 3 2 tanpa harus melalui rahang 1.Cara kedua ini merupakan cara yang saya pilih.

setting benda kerja tak beraruran ujung clevis hidrolik arm roll

PROSES MENJEPIT UNTUK MEMBUBUT UJUNG CLEVIS

Setelah selesai proses membubut lubang pinnya,langkaj selanjutnya untuk membubut clevis ini adalah meratakan ujungnya.Langkah - langkah yang saya lakukan untuk proses ini adalah :
  1. Lepas benda kerja setelah selesai proses melubangi dengan cara membuka ragum pada rahang no 2 dan 1.Biarkan jarak rahang no 2 dan 4 karena masih akan digunakan untuk proses selanjutnya.Ubah jarak rahang no 1 dan 3 menjadi 50 mm kemudian lebarkan rahang yang no 1 sejauh 5 mm.
  2. Masukkan benda kerja dan kencangkan ragum pada rahang no 1 dan 2.
  3. Setting ragum pada rahang no 2 dan 4 dengan kekencangan setengah kencang.
  4. Siku permukaan benda kerja terhadap permukaan ragum ( no 2 ).Lakukan pada dua sisi permukaannya yaitu pada rahang no 1 dan 3.
  5. Setting pada ujung benda kerja.Lakukan proses ini pada ke empat sudut benda kerja.Biasanya setting ini tidak akan bisa sama persis dan hanya mendekati saja ( no 3 ).
  6. Setting benda kerja pada ujungnya pada bagian yang segaris dengan rahang no 1 dan 3.Lakukan proses ini dengan mengendurkan dan mengencangkan rahang ragumnya.Lakukan pengecekan kesikuan benda kerja terhadap ragum setiap satu atau dua kali proses mengendurkan dan mengencangkan rahangnya.Biasanya kesikuan ini akan berubah setiap rahang ragum dibuka atau dikencangkan ( proses no 2 ).
  7. Lakukan dengan tepat hingga diperoleh hasil yang bagus.
  8. Terakhir lakukan proses meratakan ujung clevis dengan langkah seperti membubut rata memanjang.
Tips ringan ala TUKANG BUBUT amatiran ini semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Silahkan dibaca juga :



2 comments:

  1. Untuk fast respons silahkan hubungi admin di WA / PHONE 085877027374 atau PIN BB 7D6906FB,Trima kasih

    ReplyDelete
  2. kalau mencari kecepatang potong dengan benda kerja tersebut bagaimana caranya, sedangkan benda tersebut tidak lingkaran
    biasanya kecepatan potong V= phi x D x N /1000
    D : diameter benda kerja

    ReplyDelete