Tuesday 27 October 2015

cara menggunakan dial indikator/dial jarum

DIAL INDIKATOR


   

   Bagian bawah dari alat ini merupakan sebuah magnet ,jadi ketika menyetel benda kerja ,alat ini bisa berdiri kokoh sehingga memudahkan dalam penggunaannya.Alat ini paling cocok digunakan untuk menyetel benda kerja yang rata ,baik karena sudah bekas bubutan atau memang benda kerja yang sudah rata.Sebagai contoh dalam pekerjaan hidrolik adalah as / rod hidrolik.As hidrolik ini aslinya sudah rata atau bahkan halus ,karena di krom.


  Alat ini juga terdapat tiang dan pengunci-pengunci ( pada gambar -as berdiri dan benda warna hitam ).As lengan ( as mendatar ),disitu juga ada penguncinya.Jarum indikator dan angka angka ( didalam bulatan ),jarum yang bersentuhan dengan benda kerja ( anak panah ).Jika jarum ini kita dorong keatas,maka jarum indikatornya akan berputar searah dengan jarum jam kemudian jika kita lepas maka akan berputar sebaliknya.

   Cara pemakaian :
Sebagai contoh kita diskripsikan kita menyetel / center as hidrolik dengan menggunakan ragum rahang 4.

  1. Pasang as hidrolik pada ragum.kencangkan setiap rahangnya - rahang 1234-,jangan terlalu kuat.
  2. Pasang dial indikator sehingga jarum bersentuhan dengan as hidrolik dan pastikan jarum indikatornya sudah bergerak searah jarum jam,putar saklar magnet sehingga dial indikator berdiri kokoh.
  3. Putar benda kerja dengan memutar ragum dengan tangan.
  4. Perhatikan jarum indikator.kita anggap benda kerja belum center atau lurus.
  5. Jika pada rahang 1 jarum indikator berada pada angka 1 dan pada rahang 3 ( yang berlawanan dengan rahang 1 ) berada pada angka 2 maka ini artinya rahang 1 harus dikendurkan dan rahang 3 harus dikencangkan.
  6. Pindah ke rahang 2 dan 4.
  7. Jika rahang 2 jarum indikaor berada pada angka 1 dan rahang 4 berada pada angka 2,maka lakukan seperti poin 5.
  8. Lakukan poin 5 6 7 berulang ulang sampai jarum indikator benar benar diam pada satu angka ketika benda kerja diputar.
  9. Jika ke 4 rahang belum sama semua,jangan lakukan langkah 5 terus menerus atau langkah 7 terus menerus,tapi lakukan lah secara bergantian supaya merata.
  10. Menggunakan alat ini perlu kesabaran,bersabarlah dalam bekerja.
Sekian tips ringan kali ini,semoga bermanfaat,Tukang Bubut amatiran.

No comments:

Post a Comment