Sunday 6 December 2015

cara menyenei yang benar agar hasilnya lurus

CARA MEMBUAT DERAT LUAR DENGAN SNEI SUPAYA BAGUS DAN LURUS


      Snei,merupakan suatu alat yang dugunakan untuk membuat derat ( baud ) secara manual,tidak dengan proses permesinan layaknya proses mengedrat dengan mesin bubut.Alat ini merupakan kebalikan dari tap.Jika tap digunakan untuk membuat mur maka snei ini digunakan untuk membuat baud.

     Masalah yang sering terjadi ketika menyenei adalah bentuk deratnya yang terkadang rusak,atau deratnya longgar jika dipasangkan murnya.Jika hanya ini yang terjadi maka solusinya adalah dengan meyetting tingkat besar kecilnya snei dengan cara memutar baud penyetel yang ada di snei itu sendiri.Caranya adalah dengan mengganjal celah snei dengan plat tertentu kemudian putarlah baut penyetelnya.

     Tapi jika kita akan menyenei as yang panjang,biasanya masalah yang timbul adalah selain derat yang rusak atau hancur,terkadang hasilnya malah as deratnya menjadi bengkok-bengkok.jika ini yang terjadi maka solusinya adalah anda saya sarankan untuk membuat rumah dan gagang snei sendiri.Caranya adalah :
  1. Persiapkan bahan besi dengan ukuran diameter 60 ke atas dengan tebal 30 mm.
  2. Bubut dalam rata bertingkat dengan ukuran terkecil adalah diameter besi as yang akan di snei.Bubut diameter dalam dengan ukuran 32 mm dengan toleransi 0.05 sedalam tebal snei,biasanya sekitar 12 mm.
  3. Pasanglah snei pada rumah snei yang sudah dibuat tai kemudian berikan las titik supaya snei tidak ikut berputar ketika digunakan.
  4. Mulai membuat derat dengan snei
Sekian tips ringan dari saya,selamat mencoba dan semoga berhasil.Tukang Bubut amatiran.



No comments:

Post a Comment