Tuesday 1 December 2015

CARA MEMBUBUT BENDA KERJA PANJANG

ALAT BANTU MESIN BUBUT


     Sobat TBa,yang dimaksud alat bantu di sini adalah sebuah alat seperti steady rest tetapi buatan sendiri dan letaknya pun tidak berada diatas bed mesin,melainkan dibelakang mesin.Alat ini digunakan untuk membubut benda kerja yang sangat panjang,tapi dengan syarat benda kerja tersebut masuk ke lubang as mesin bubut.Alat bantu ini berfungsi sebagai penyangga benda kerja yang akan dibubut.Persis seperti steady rest.

CARA MEMBUBUT BENDA KERJA PANJANG ( alat bantu )


Alat ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya :

  1. 2 buah bearings sebagai bagian yang bersentuhan langsung dengan benda kerja.
  2. As derat yang berfungsi sebagai penyangga bearings.
  3. 2 buah mur yang sesuai dengan as derat.Mur ini berfungsi sebagai alat untuk mengatur ketinggian bearings terhadap benda kerja.
  4. Besi plat-plat dan siku secukupnya sehingga terbentuk alat bantu ini.
Cara penggunaannya juga sangat mudah .Pasanglah benda kerja pada ragum,pasang alat ini,tentukan ketinggiannya sehingga sama tinggi dengan senter mesin bubut..Caranya adalah dengan memutar kedua mur tadi.Ketika membubut dengan alat ini,gunakan selalu rpm rendah.Jika alat ini sudah mulai goyang,gerak kanan kiri,itu artinya ada 2 hal,rpm terlalu tinggi atau permukaan tanah yang tidak rata.Turunkan rpm dan atau ganjal bagian - bagian yang menapak ke tanah hingga rata dan alat ini diam, tidak goyang.Selamat mencoba.TBa.








No comments:

Post a Comment