Saturday 12 December 2015

HIDROLIK SINGLE ACTING DAN DOUBLE ACTING

HIDROLIK SINGLE DAN DOUBLE ACTING


   Sobat TBa,kali ini saya akan ulas sedikit tentang tipe hidrolik silinder yang berkaitan dengan cara kerjanya.Yaitu single atau double acting.

1. HIDROLIK DOUBLE ACTING

    Double atau dua.artinya silinder ini mempunyai dua gerakan aktif,naik turun,artinya gerakan naik turun oleh oli bertekanan.Karena mempunyai gerakan aktif dua,maka lubang port nya pun ada dua.Ini artinya selang / hosenya juga ada dua.Silinder model ini merupakan silinder pada umumnya.

2. HIDROLIK SINGLE ACTING

     Single atau satu.Artinya silinder tipe ini hanya mempunyai satu gerakan aktif saja.Biasanya hanya gerakan mengangkat saja.Sedangkan gerakan turunnya karena didorong oleh beban yang diangkatnya.Atau bisa juga silinder yang kerjanya mendorong,sedangkan gerakan mundurnya dilakukan oleh per / pegas.Sebagai contoh pemakaian dari silinder tipe ini adalah dongkrak hidrolik,silinder kargo lift ( angkat barang ) atau juga lift table.Ciri - ciri dari silinder single acting ini adalah selang / hose yang dipasang pada silinder hanya ada satu.Untuk memperjelas mari kita bahas lebih detail tentang silinder single acting ini.

Penempatan seal - seal silinder single acting.

1.Penempatan seal di piston.
     Yang dimaksud seal disini adalah seal - seal yang berfungsi sebagai anti kebocoran.Jika seal - seal anti kebocoran dipasang di piston maka di cover depan hanya dipasang wear ring dan wiper / dush seal saja ,tidak dipasang seal anti kebocoran.Karena tidak akan ada oli yang masuk ke ruangan diatas piston.

2.Penempatan seal di cover depan.
     Jika seal - seal anti kebocoran ditempatkan di cover depan maka piston hanya di pasang wear ring saja dan di beri jalur oli.Ini dikarenakan oli harus mengisi seluruh ruangan hidrolik.Fungsi dari jalur oli ini adalah untuk memperlancar gerakan oli itu sendiri.

Pembuatan lubang ventilasi udara.

   Lubang ini berfungsi sebagai jalur keluarnya udara ketika piston bergerak naik.Lubang ini dibuat jika seal - seal anti kebocoran di pasang di piston.Jika tidak diberi lubang ventilasi biasanya gerakan hidrolik tidak akan stabil.Karena terganggu oleh udara diatas piston yang tidak bisa / susah untuk keluar.

Untuk memperjelas silahkan lihat gambar berikut ini.


Sekian,semoga bermanfaat,Tukang Bubut amatiran.




     
  

1 comment:

  1. ada kontak wa gak mas saya ada project tugas akhir saya mengenai silinder yang singlr acting mohon dengan sangat hubungi no wa saya 088216008747

    ReplyDelete