Tuesday 8 September 2015

CARA MENGASAH / MEMBUAT PISAU DRAT DALAM

PISAU DRAT DALAM


     Kebalikan dari pisau derat luar ( baca disini ),pisau derat dalam digunakan untuk membuat derat dalam,mur.Bentuk dan proses pembuatan pisau ini hampir sama dengan pisau derat luar.Meski begitu,tetap ada beberapa perbedaan diantara keduanya.
  1. Dilihat dari fungsi,pisau ini digunakan untuk membuat derat dalam atau mur.
  2. Dilihat dari gagangnya,kedua pisau ini juga berbeda.Untuk pisau derat dalam saya sarankan untuk menggunakan material S 45 C supaya tidak getar.Dan juga pilihlah gagang pisau bulat untuk memudahkan dalam menyeting ketinggian pisau.Jika memungkinkan gunakanlah as hidrolik.Untuk gagang pisau ukuran kecil bisa menggunakan kunci " L " bekas.
  3. Untuk memberikan jalur keluarnya tatal ada 2 pilihan.Bisa dibuat radius atau cukup dengan memiringkan posisi pisau dengan memutar gagangnya,lihat gambar diatas.
  4. Jangan memasang pisau dengan ketinggian diatas senter benda kerja,hal ini bisa mengakibatkan pisau mudah patah ( pengalaman ).pasanglah pisau berada dibawah senter benda,jangan terlalu rendah cukup 1 atau 2 mm.Jika pisau terasa bergesekan pada bagian bawah,bisa jadi posisi pisau sudah terlalu rendah,bisa dilihat pada pisaunya.Hal ini tentu berkebalikan dengan posisi pisau derat luar yang saya sarankan untuk memasang diatas senter benda kerja.
  5. Untuk hasil terbaik,gunakanlah putaran pelan dan berikanlah pelumas atau cairan pendingin ( bromus ).Untuk pelumas saya sarankan jangan menggunakan oli,karena justru akan terasa lengket.Gunakanlah minyak khusus yaitu tap matic atau gunakanlah minyak goreng asli,bukan curah.
  6. Perhatikan tingkat ketajaman pisau,jangan memaksakan pisau yang sudah tumpul.Selain menjadikan hasil yang buruk bisa juga berakibat pada hal yang lebih fatal yaitu patahnya pisau.

Terakhir,jangan lupa untuk bereksperimen dalam membuat pisau.Terima kasih sudah berkunjung.Tukang Bubut amatiran.

Baca juga :

  1. Gagang pisau modifikasi
  2. Pisau alur dalam







No comments:

Post a Comment