Sunday 6 September 2015

Cara membuat pisau bubut alur dalam

PISAU ALUR DALAM



      Dalam dunia perbengkelan terutama bengkel bubut,salah satu pisau yang harus ada adalah pisau alur dalam.Apalagi untuk bengkel yang memproduksi hidrolik,pisau ini sangat penting keberadaannya.Karena dengan pisau inilah seorang operator akan membuat profil untuk seal-seal hidrolik.

     Untuk hasil terbaik terhadap pisau alur dan alur yang dihasilkannya,perhatikanlah hal-hal dibawah ini:
  1. Buatlah pisau sedemikian rupa dengan ukuran yang berbeda-beda menyesuaikan lubang yang akan dibuat alur.Jangan memaksa menggunakan pisau yang gagangnya kecil untuk lubang yang besar,karena gagang pisau akan getar dan berderit saat digunakan.Hal ini akan mengakibatkan hasil yang tidak halus.
  2. Asahlah pisau sedemikian rupa sehingga bagian depan lebih lebar dari bagian belakang.Bagian atas lebih besar daripada bagian bawah.Tipe asah seperti ini bertujuan agar ketika digunakan bagian pisau yang bergesekan dengan benda kerja adalah bagian atas depan saja.Jika hasilnya kasar pada pinggir alur dan gerakan pisau terasa berat beratri ada kesalahan dalam mengasah pisau.
  3. Buatlah coakan seperti yang ada pada pisau kanan agar tatal dengan mudah keluar dari pisau.
  4. Gunakan cairan pendingin yang baik ( bromus ).Atau gunakanlah minyak goreng yang asli,bukan curah.Atau campuran antara keduanya dengan cara memberikan pelumas pada lubang kemudian ditambah cairan pendingin secukupnya.Biasanya cara ini memberikan solusi untuk bahan yang susah untuk di alur.
  5. Pasanglah pisau dengan panjang gagang secukupnya dari rumah pahat,disesuaikan dengan panjang lubang yang akan kita buat alur.
  6. Pasanglah pisau pada ketinggian diatas senter benda kerja.Jika pisau berderit saat digunakan ,bisa jadi ini adalah akibat pemasangan pisau yang tidak tepat.
  7. Gunakanlah putaran pelan atau sedang.
      Untuk pemilihan bahan gagang pisau,biasanya yang saya pakai adalah :
  1. Besi ST41.Material ini saya gunakan untuk gagang pisau yang besar.Gagang ini berbentuk kotak dengan ukuran 25 x 25 mm.
  2. Besi S 45 C.Material ini saya gunakan untuk lubang 20 sampai 40.Diameter gagang menyesuaikan.
  3. Baut baja.Gunakanlah baut baja dengan ukuran tertentu untuk lubang yang kecil.
  4. Gunakanlah pisau putih untuk lubang yang sangat kecil,kita tidak perlu membuat gagang pisaunya.
Jangan ragu untuk bereksperimen,jika sudah ketemu setingan yang tepat anda tinggal melihat hasilnya.Tukang Bubut amatiran.


No comments:

Post a Comment