Sunday 20 September 2015

Cara membubut dalam panjang banget

GAGANG PISAU MODIFIKASI




     Salah satu pekerjaan seorang tukang bubut yang membutuhkan kesabaran adalah membubut dalam dengan ukuran yang panjang.Pekerjaan ini sering didapatkan oleh operator bubut yang mayoritas pekerjaannya adalah memproduksi hidrolik,yaitu membuat tabungnya.Karena terkadang tabung tidak ada di pasaran.Oleh karena itu kali ini TBa akan membahas cara membuatnya terutama membuat gagang pisaunya.

     Untuk mengerjakan pekerjaan seperti ini kita memerlukan sebuah gagang pisau yang harus dimodifikasi.TBa sarankan untuk membuat rumah pisau sambungan pada gagang pisau ini seperti cara membuat gagang pisau pada pekerjaan yang over kapasitas ( baca disini ).Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gagang pisau ini antara lain :
  1. Plat 8 atau 10 mm dengan ukuran panjang kali lebar 50 x 30,2 buah.Plat ini akan digunakan sebagai rumah pisau tambahan.Sesuaikan dimaeter dalam benda yang akan dibubut.
  2. As besi dengan ukuran diameter 60 panjang 500mm,silahkan disesuaikan sendiri dengan kebutuhan ( panjang tabung yang akan dibubut ).Besi as ini akan berfungsi sebagai gagang pisau.
  3. Baut stud M 10 dua buah.

     Langkah-langkah untuk membuat gagang pisau ini adalah :
  1. Milinglah dahulu bagian ujung as besi pada ketiga sisinya dengan ukuran disesuaikan dengan rumah pisau mesin bubut.
  2. Lakukan juga proses pembuatan derat dalam pada salah satu plat 8 atau 10 mm tadi.
  3. Jangan terburu-buru untuk mengelas 2 plat tadi pada as besi yang berfungsi sebagai gagang pisau.Proseslah dahulu benda kerja yang akan dibubut dalam hingga benar-benar tinggal membubut bagian dalamnya.
  4. Pasanglah as besi yang sudah dimiling tadi pada rumah pisau.Dekatkan ujungnya dengan benda kerja yang akan dibubut dalam ( tabung ).Lakukanlah penyetelan ketinggian rumah pisau tambahan ( 2 plat tebal 8 atau 10 mm ).Usahakanlah agar pada saat pisau dipasang pada rumah pisau tambahan ini pisau akan berada pada 2 atau 3 mm diatas senter benda kerja.Jika dirasa sudah tepat,berilah las titik pada plat ini.Jangan sampai terbalik,plat yang ada deratnya harus berada diatas.
  5. Lepaskan gagang pisau dan lakukan pengelasan secara penuh dibawah supaya mudah pengelasannya.
     Maksud dari pembuatan rumah pisau tambahan seperti ini adalah untuk memudahkan dalam proses mengasah pisau.Jika pisau dilas langsung pada gagang pisau yang panjang seperti ini sudah tentu akan repot saat mengasah dan menentukan ketinggian pisau.

     Untuk memudahkan pada saat proses pembubutan ,saya sarankan untuk membuat gagang pisau yang panjang dan besarnya disesuaikan dengan panjang benda yang akan dibuat.Jika pada saat membubut gagang pisau ini getar,hal ini bisa jadi karena gagang pisau terlalu panjang,oleh karena itu potonglah gagang pisau ini sehingga cukup untuk membubut lebih dari separuh benda kerja.Lakukan proses membubut bolak-balik.Kunci dari proses pembubutan seperti ini adalah kualitas mesin,ketajaman pisau dan tingkat keuletan seorang operator.Sabarlah dalam mengerjakan benda kerja seperti ini,karena hal ini merupakan proses yang pembuatan yang lama.Tukang Bubut amatiran.











No comments:

Post a Comment