Wednesday 17 February 2016

Membuat daftar nama dan tipe garis di layer kontrol

Membuat layer kontrol


     Sobat tukang bubut amatiran,layer kontrol merupakan tab dari autocad yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah rancangan awal sebuah garis sebelum kita menggambar dengan autocad.Perencanaan garis pada layer kontrol ini yang sering digunakan antara lain adalah nama garis,tipe,warna dan ketebalan garis.Dengan tab ini kita bisa menentukan garis apakah yang akan kita buat pada layar autocad.


     Langkah-langkah untuk membuat tipe garis dengan tab layer kontrol ini adalah :
  1. Klik pada tab layer control,letaknya berada pada sebelah kanan dari tab workspace switching,lihatlah gambar diatas.Atau dengan klik menu format kemudian pilih layer.
  2. Setelah itu akan muncul dialog box untuk layer kontrol.Disana sudah terdapat satu layer dengan nama 0.Layer ini merupakan default autocad yang tidak bisa di edit.Oleh karena itu untuk menggambar kita akan membuat beberapa layer baru.
  3. Buatlah layer baru dengan klik tombol yang berada diatas kotak name pada dialog box layer control.Atau klik kanan pada dialog box kemudian pilih new layer.Jika ingin menggunakan keybord gunakanlah tombol alt + n.Maka akan muncul layer baru dengan nama layer1.
  4. Layer1 ini akan kita gunakan sebagai layer untuk garis benda,oleh karena itu gantilah nama layer ini dengan cara klik pada layer1 kemudian gantilah namanya dengan nama " benda ".Pada kotak colour dengan cara yang sama pilihlah warna hitam.Pilihlah solid line pada kotak linetype,berikan ketebalan garis 0.20 pada kotak lineweight.Jika sudah selesai klik ok.
  5. Dengan cara yang sama,buatlah layer baru lagi.Layer ini akan kita gunakan sebagai garis sumbu.Berikan nama sumbu pada kotak name.Pada kotak linetype carilah garis sumbu dengan mengeklik tombol load.Pada dialog load ini silahkan klik pada garis sumbu yang diinginkan,atau bisa memilih ACAD_ISO10W100,klik ok.Setelah itu kita akan kembali pada dialog linetype,pilihlah garis yang tadi kita pilih di dialog load.ACAD_ISO10W100,ok.Berikan ketebalan garis 0.05 untuk garis selain garis benda.
  6. Buatlah juga untuk nama-nama garis yang lain,misalnya garis ukuran,garis putus-putus,arsiran,garis bantu,dan lain-lain yang diperlukan.
  7. Jika sudah selesai klik tanda silang pada dialog layer control,tombol close.Silahkan dicek pada tab layer control.
     Sebagai latihan untuk membuat garis dengan layer kontrol,misalkan kita akan membuat garis benda maka,silahkan klik pada layer kontrol dan pilihlah garis benda,kemudian buatlah garis.Ada cara kedua untuk membuat tipe garis pada auto cad,yaitu dengan tab properties yang terletak disebelah kanan tab layer kontrol.Caranya,buatlah garis terlebih dahulu kemudian editlah dengan mengeklik properties yang diinginkan,baik colour,linetype atau lineweight.Ini hanya sebuah pilihan,masing-masing drafter bebas memilih cara yang dia sukai.Selamat mencoba dan semoga bermanfaat,Tukang Bubut amatiran.

     

No comments:

Post a Comment