Monday 5 September 2016

CARA MEMBUAT DRAT / ULIR DENGAN MESIN BUBUT

Salah satu keterampilan penting dari seorang tukang bubut adalah mampu untuk membuat derat / ulir dengan mesin bubut.Bahkan tidak sedikit dari seorang tukang bubut yang mengatakan bahwa jangan mengaku sebagai seorang tukang bubut jika tidak bisa membuat derat / ulir.Nah,untuk kali ini TUKANG BUBUT amatiran akan mencoba untuk mengangkat tema tetang cara membuat derat / ulir dengan mesin bubut.

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MEMBUAT DRAT DENGAN MESIN BUBUT


cara membuat derat dengan mesin bubut


  1. Membaca gambar.Periksalah gambar dengan teliti,perhatikan kode deratnya,apakah itu derat inchi atau mm.Jika mengacu pada gambar diatas maka deratnya berjenis metrik dengan diameter 30 dan jarak gang 1.5.Bagi yang belum mengetahui tentang kode derat ini, bisa membaca artikel ini.
  2. Mempersiapkan dan memeriksa bahan benda kerja.
  3. Mengikat benda kerja.Ikatlah benda kerja dengan panjang 10 atau 15 ditambah panjang derat yang akan dibuat.Jika mengacu pada gambar diatas maka ikatlah benda kerja sepanjang 55 atau 60 mm.
  4. Bubut pada bagian permukaan / ujung benda kerja serta bubutlah diameter 35 menjadi 30 mm dengan panjang 45 mm.
  5. Buatlah sebuah groove ( gambar panah ) dengan ukuran diameter 27 sampai 27.5 dan lebar 3 atau 4 mm.Groove ini berfungsi sebagai langkah bebas pisau pada akhir langkah proses penyayatan pisau derat.
  6. Ganti rpm mesin dengan rpm rendah dan pindahkan handel-handel untuk menyesuaikan dengan jarak gang derat.Bagi yang belum paham,silahkan baca artikelnya dengan judul membaca tabel mesin bubut untuk drat.
  7. Tempelkan pisau derat pada benda kerja ukuran 30 mm.Pada posisi seperti ini,buka kunci untuk skala / angka pada eretan lintang dan putar skala dan pindahkan pada angka 0 ,nol.kemudian kencangkan kembali kuncinya.
  8. Tarik keluar pisau dengan jarak 1 atau 2 mm ( opsional ) dari benda kerja.
  9. Tekan handel  derat yang ada pada eretan bawah.
  10. Putar eretan lintang dan berikan pemakanan pisau sedalam 0.3 .
  11. Angkat handel sehingga mesin / ragum berputar.Pada proses ini pisau akan berjalan lebih cepat dari biasanya maka perhatikanlah dengan seksama.
  12. Setelah pisau benar-benar sampai pada groove tarik pisau keluar benda kerja dengan cara memutar ke kiri handel eretan lintang dengan cepat,kemudian turunkan handel mesin sehingga putaran ragum berpindah menjadi putaran kiri dan pisau pun bergerak keluar / ke arah kanan.
  13. Setelah pisau akan sampai pada akhir benda kerja,dekatkn pisau kepada benda kerja namun jangan sampai menyentuh benda kerja.
  14. Posisikan handel di tengah sehingga ragum / mesin berhenti dan pisau berada diluar benda kerja.
  15. Lakukan pengecekan derat dengan menggunakan malderat,dalam hal ini pilih untuk ukuran derat 1.5.Tempelkan mal derat tersebut pada hasil sayatan pertama pada benda kerja.Hal ini berfungsi untuk menghindari kesalahan jarak gang derat.
  16. Tambahkan pemakanan sedalam 0.3 dan ulangilah langkah mengedrat ini ( no 11 sampai 14 ).Ulang - ulang hingga sesuai dengan kedalaman derat yang diinginkan.
Jika sudah sampai kedalaman pemakanan sekitar 1 mm,kurangilah penambahan pemakanannya menjadi 0.2 atau 0.1 pada setiap satu kali langkah mengedrat.
Demikian tips ringan untuk membuat derat ini,jangan lupa untuk memberi pelumas atau cairan pendingin pada proses penyayatan.Semoga bermanfaat,TUKANG BUBUT amatiran.

1 comment: