Tuesday 16 February 2016

Menyiapkan tool untuk menggambar dengan autocad 2010

Persiapan awal sebelum menggambar dengan autocad 2010


     Sobat tukang bubut amatiran,kali ini saya akan memberikan tutorial autocad 2010.Program autodesk yang satu ini memang sebuah program yang sangat bermanfaat dalam bidang teknik,terutama bagi para drafter.Bagi anda yang bergelut dibidang teknik,apapun itu,saya yakin anda berkeinginan untuk menguasainya,dan ini membutuhkan waktu dan tekad yang kuat.Untuk pemula,mungkin akan kesulitan dalam menggunakan program autocad ini,untuk itu kali ini akan saya bagikan tips untuk mengawali menggambar dengan autocad.

     Langkah awal yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan layar/tampilan autocad itu sendiri secara sederhana.Buatlah tampilan seperti pada gambar diatas dengan mengikuti langkah-langkah berikt ini.
  1. Pilih tampilan autocad classic.Gerakkan cursor dan carilah tab workspace switching,untuk tampilan awal biasanya terdapat tulisan 2D Drafting & Annotation,klik pada tulisan ini ,pada menu yang tampil,pilihlah autocad classic
  2. Memilih menu tool untuk autocad dasar.
  • Gerakkan cursor pada layar pada tab standard.Letaknya berada dibawah simbol autocad ,tulisan " A" dengan warna merah.Diamkan cursor sampai muncul tulisan standard.Hal ini saya sarankan agar anda nanti tidak salah klik.Sebagai acuan saja,sebenarnya hal ini bisa dilakukan pada menu tab yang lain.
  • Klik kanan pada menu tab standard tadi hingga muncul menu nama-nama tool untuk autocad.Atau dengan mengeklik menu tools pada menu bar kemudian toolbars,autocad.Maka akan muncul nama-nama toolnya.Klik pada tulisan dimension.Menu ini akan digunakan untuk membuat garis ukuran pada gambar.
  • Dengan langkah yang sama,pilihlah untuk tool multileader.
  • Pastikan tool yang sudah tercentang adalah dimension,draw,layers,modify,multileader,standard,dan style.Tool-tool ini merupakan tool dasar untuk pemula.
  • Jika tampilan tool masih berada pada tengah-tengah layar autocad,pindahkan kepinggir layar dengan cara mengkilk dan tahan pada tool yang dipilih hingga muncul garis kotak putus-putus,geser ketempat yang diinginkan.
     Sekian tips ringan ini,semoga membantu bagi anda penggemar autocad terutama bagi pemula.Tukang Bubut amatiran.

No comments:

Post a Comment