Saturday 20 February 2016

MENGEDIT DIMENSION STYLE AUTOCAD 2010

DIMENSION STYLE


     Dimension style,sebuah tab di autocad yang berfungsi untuk mengedit tipe dan simbol  ukuran.Untuk membuka tab ini caranya adalah dengan klik menubar "format" kemudian dimension style.Atau dengan klik menubar "dimension" kemudian dimension style.Pilihlah ISO-25 atau standar untuk menu style.Untuk mengeditnya silahkan klik pada menu modify.Pada menu modify ini ada beberapa bagian yang bisa diedit,diantarany adalah lines,symbols & arrows,text,fit primary unit dan tolerances.

Menu lines.
     Sebagai pemula anda bisa memilih by block pada menu colour,linetype dan lineweight pada sub menu dimension lines dan extension lines.Berikan angka 3.75 pada bagian baseline spacing.1.25 untuk extend beyond dim lines.0.625 untuk offset from origin.

Symbols & Arrows
     Pada menu ini anda bisa memilih closed filled pada first,second dan leader.Berikan nilai 2.5 untuk arrow sizes.Pada bagian center mark.pilihlah mark kemudian isikan nilai 2.5.Break sizes 3.75.Pilih proceding dimension text untuk arc lenght symbol.Berikan nilai 45 untuk jog angle,1.5 untuk jog heigh factor.

Text
     Text appereance,pada bagian ini anda bisa memilih untuk :
  1. Text style-standar
  2. Text colour -by block
  3. Fill colour-none
  4. Text height-2,5
Text placement
  1. Vertical-above
  2. Horizontal-centered
  3. View Direction-Left-to-raight
  4. Offset from dim line-0.625
Pilih aligned with dimension line pada bagian text alignment.

Fit
     Pada bagian ini pilihlah Either text or arrows ( best fit ).Bised the dimension line.Berikan nilai 1 untuk use overall scale of.Pilih draw dim line between ext lines.

Primary Units
     Linear dimensions.Pada unit format,silahka pilih decimal,0.00 untuk precission dan comma pada decimal  separator.Berikan nilai 1 untuk scale factor.Pada angular dimensions pilih decimal degrees untuk unit format,dan 0 untuk precission.

Tolerances
     Pilihlah none pada menu method.Jika sudah selesai silahkan klik ok.

     Pemilihan-pemilihan pada menu-menu dimension style ini hanya sebagai acuan saja,terutama bagi pengguna autocad pemula.Anda bisa mengubahnya sendiri sesuai dengan keinginan dan ketentuan yang ada pada teori gambar teknik.Anda juga bisa mengeklik pada bagian-bagian tadi dan akan langsung terlihat hasilnya pada gambar yang tersedia sebagai review.Semoga bermanfaat,Tukang Bubut amatiran.


     

No comments:

Post a Comment