Thursday 10 March 2016

ARTIKEL KONTEN TIDAK MEMADAI

PERJALANAN MENULIS SEORANG TUKANG BUBUT

Adsense merupakan salah satu program dari google yang bisa kita gunkan untuk menghasilkan uang dari internet.Program ini seperti menjadi sebuah primadona bagi setiap orang.Terlebih bagi mereka yang suka berselancar didunia maya.Seperti saya,walaupun saya tidak mempunyai basic apapun tentang tulis menulis saya paksakan untuk memulai program google yang satu ini.Entah apapun hasilya nanti yang terpenting adalah ikhtiar dan do'a.Walaupun nantinya saya akan menemui kendala tapi sudah saya tancapkan dalam hati sedalam-dalamnya bahwa disitu ada kemauan disitu ada jalan.

Kegiatan mengikuti program adsense saya mulai dengan membuat sebuah blog.Awalnya saya tidak tahu sama sekali tentang blogger itu sendiri.Dan memang saya yang penasaran ketika sedang asik membaca sebuah artikel saya mencoba klik tombol blogger yang ada di artikel tersebut.Kemudian saya ditampilkan pada sebuah form untuk masuk ke akun gmail.Kebetulan saya sudah punya dan akhirnya saya langsung memasukkan nama dan passwordnya.Kemudian tampillah sebuah menu blogger.Dengan mengikuti langkah-langkah yang ada akhirnya saya sudah bisa membuat sebuah blog dan saya beri nama TUKANG BUBUT amatiran.

Saya mulai membuat sebuah tulisan.Maklum karena memang tidak tahu sama sekali tentang blogger,akhirnya postingan pertama saya tentang perkenalan diri saya.Harap maklum,saya hampir saja membuat sebuah buku diary.Tapi sekarang postingan pertama saya ini sudah saya hapus,karena menurut saya memang tidaklah penting untuk di share ke publik.Dan alasan kedua memang sudah terwakili dengan adanya laman about us.

Lama sekali tidak membuat sebuah postingan blog.Hal ini memang karena masih buntu dan tidak ada ide untuk membuat sebuah tulisan.Setelah ada seorang temen yang membuat status tentang penghasilannya dari program adsense,perasaan itu kembali muncul.Akhirnya mulailah untuk semedi di sebuah gua yang sangat angker,yaitu di kamar saya.Setelah difikir-fikir akhirnya saya mencoba untuk menulis apa saja yang saya alami sehari-hari.Hal ini tidak lain tidak bukan adalah pekerjaan saya.

Ketik bekerja akhirnya saya sudah mulai terganggu konsentrasi.Memikirkan tentang apa yang akan saya tulis nanti.Mulai foto-foto tentang apa saja yang ada dibengkel.Maklum karena saya bekerja dibengkel jadi yang saya foto kebanyakan adalah besi-besi semua.Tidak satupun foto saya yang saya ikutkan dalam foto-foto tersebut.Ada sedikit rasa malu karena pekerjaan yang berada ditempat yang kotor.Bercampur oli,debu,karat bahkan lumpur-lumpur.Bahkan dalam kondisi seperti ini saya merasa lebih kotor daripada seorang gelandangan yang tidak mandi selama seminggu ( ma'af ).

Mulai lagi menulis,tapi bedanya untuk kali ini sudah ada ide yaitu tentang pekerjaan.Tulisan dimulai dengan niat akan mengajarkan ilmu saya tentnag bengkel kepada orang lain lewat dunia blogger.Ilmu saya ini sebenarnya sangat sulit untuk dibuat sebuah artikel,apalagi artikel yang sangat panjang.Sulit sekali.Karena saya seorang tukang bubut akhirnya tulisan ini saya mulai dengan cara membuat pahat/pisau bubut.Karena menemui jalan buntu ketika menjelaskan tentang pisau ini,akhirnya saya sertakan banyak gambar untuk artikel ini.Bahkan ada tiga gambar dalam satu artikel.Yang lebih parah lagi ada sebuah postingan yang hanya memajang foto saja,tidak tanggung-tanggung kemungkinan ada tiga sampai lima foto dalam satu postingan.Ingat ya hanya foto,tulisan hanya ada 2 kalimat,pembuka dan penutup saja.Karena yang ada dalam hati saya adalah bagaimana postingan saya ini memberikan manfaat kepada orang lain.Tidak memperhatikan tulisannya,Bahkan dari segi gaya penulisan,dengan sangat pede saya menggunakan istilah bra bro dalam tulisan saya ini.Tidak itu saja sebutan elu gue,iya enggak sudah menjadi hal yang biasa.Karena menurut saya hal ini justru akan memberikan ciri tersendiri pada blog saya.

Setelah memulai dengan menulis tentang cara-cara membuat sebuah pisau/pahat bubut,postingn saya lanjutkan dengan menulis tentang pengoperasian mesin bubut itu sendiri.Mulai dari proses membubut yang sederhna hingga proses yang sangat sulit.Membubut rata,tirus,membubut lubang,membuat derat luar dalam,membuat alur,semuanya sudah saya buatkan sebuah artikel.Perjalanan untuk artikel selanjutnya akhirnya kembali mengalami jalan buntu.Dalam hati selalu berfikir tentang apa yang akan saya tulis selanjutnya.Harap maklum,karena memang dunia artikel merupakan hal yang sangat baru.Biasanya hanya melihat dan langsung praktek,sekarang harus menulisnya untuk menjadi sebuah artikel blog.

Blog akhirnya kembali ada jeda,sudah saya coba paksakan untuk berfikir tentang apa yang akan saya tulis.Tetap saja kosong,tidak ada ide.Semua yang saya bisa sudah saya buat menjadi artikel.Dari cara membuat pisau sampai pengoperasian mesin hingga mengelas.Satu dua minggu akhirnya ide itu kembali datang.Kemudian saya menulis tentang apa yang saya hasilkan dari pekerjaan saya.Karena saya bekerja pada sebuah bengkel yang memproduksi hidrolik,akhirnya barang ini sedikit sedikit mulai saya kupas di blog.Mulai dari cara menghitung daya angkat hingga terperinci bagian-bagian dari sebuah hiodrolik.Cover belakang,clevis,as hidrolik,tabung,cover depan,piston seal-seal serta macam-macam hidrolik itu sendiri.Saya rinci lagi dengan mengupas tentang macam-macam piston hidrolik beserta kelebihan dan kekurangannya.Begitu juga dengan cpver depan,saya ulas semua bagian-bagian hidrolik sampai selesai.Tidak sampai disitu artikel saya lanjutkan dengan menulis tentang sedikit kemampuan saya mendesain sebuah hidrolik dengan menggunakan program autocad.

Seiring berjalannya waktu postingan saya tidak terasa sudah mencapai hampir 70 postingan.Entah dengan nilai berapa postingan-postingan saya ini akan diberi nilai.Akhirnya kembali seperti semula.Saya mulai dihantui dengan keadaan saya lagi.Sebuah keadaan dimana otak mulai buntu,tidak ada ide untuk menulis.Menuggu hal-hal yang baru akan terjadi di bengkel.Sebuah tantanga pekerjaan yang akan saya hadapi kemudian saya pecahkan dan dengan bangga akan saya buat menjdi sebuah artikel.Benar-benar sesuatu yang sangat menyenangkan bagi saya hal yang saya inginkan ini benar-benar terjadi.Datanglah sebuah pekerjaan yang sangat panjang,hampir tujuh meter,kemudian saya buat menjadi sebuah artikel.

Saya mulai mencoba untuk mencari-cari informasi tentang adsense.Banyak yang merekomendasikan agar saat mendaftar nama dan alamat harus sesuai dengan kartu identitas pribadi.Dan terdapat sebuah kendala karena tempat tinggal saya tidak sama dengan identitas.Saya putuskan untuk tidak mendaftarkan blog saya ke program adsense.Karena tidak ada ide akhirnya blog kembali jeda dalam waktu yang lebih lama dari jeda yang dahulu.Kemudian cari-cari info lagi tentang adsense dan ternyata mendaftarnya tidak semudah yang saya bayangkan.Dan akhirnya saya putuskan untuk mencoba mendaftarkan blog saya.Setelah saya daftarkan selang seminggu akhinya mendapat email balasan dari adsense yang menyatakan bahwa konten anda tidak memadai.Adsense menolak blog saya dengan melampirkan enam poin kesalahan yang harus saya perbaiki.Sedih,,,

Yang sedang latihan menulis,Tukang Bubut amatiran.



No comments:

Post a Comment