Saturday 12 March 2016

MEMECAHKAN MASALAH NAVIGASI BLOG BAGI PEMULA

MENCOBA MEMECAHKAN MASALAH NAVIGASI BLOG

Masalah navigasi blog memanglah terasa sangat rumit bagi blogger pemula.Seperti yang saya alami,awalnya saya mencoba  mengatasinya dengan mendownload template blog.Ada begitu banyak tempale blog berkeliaran didunia maya,tinggal download kemudian pasang di blog.Jika anda ingin mencobanya anda bisa mengunjungi http://btemplates.com.Disana tersedia begitu banyak template dan sudah terpisah-pisah dengan beberapa kategori.Jika melihat saran yang diberikan oleh senior saya merekomendasikan untuk memilih tipe layout template yang responsif.Hal ini mungkin akan berpengaruh terhadap mesin pencari dan supaya enteng ketika blog dibuka oleh para pembaca blog.Hal ini tentu memberikan sebuah nilai plus bagi blog kita.Mudah diakses,sehingga para pembaca tidak akan stres karena begitu lama menunggu blok terbuka.Dari segi style template sendiri btemplate menyediakan begitu banyak kategori.Premium,adapted from word press,magazine,gallery,elegant,fresh,minimalist,hingga grunge.Dari segi tampilan kolom blog tersedia empat kategori dari satu kolom sampai empat kolom.Pengkategorian dari segi warna juga tersedia anda tinggal memilih warna yang sesuai.Begitu juga dengan side bar blog,ada tiga kategori yaitu right,left dan kombinasi keduanya.Anda tinggal klik pada bagian kategori yang ada maka akan muncul model templatenya.Silahkan pilih yang sesuai dengan keinginan anda.Anda bisa melihat demonya dahulu sebelum mendownloadnya,Jika sudah dirasa cocok,langkah selanjutnya adalah mendownload daan mengekstraknya menjadi tipe file xml.Setelah itu barulah anda bisa memasangnya di blog anda.

Namun langkah yang saya pilih untuk mendownload template ini akhirnya tidak saya teruskan,blog saya kembalikan ke template bawaan blogger.Menurut saya begini,saya membuat blog dengan layanan blogger,masa iya saya menggunakan template tempat lain untuk mendaftar adsense,,?.Dan memang juga ada yang merekomendasikan untuk menggunakan template bawaan blogger.Begitu juga dengan arahan dari blogger sendiri.Kita diarahkan untuk memulainya dengan menggunakan template sederhana kemudian edit dan sesuaikan.Hal yang menarik lainnya adalah tampilan blog yang tumpang tindih pada attribusi blog.Tulisan powered by blogger menjadi ada dua.Tapi hal ini terjadi pasti karena ketidakbisaan saya dalam dunia blogger.Jadi maaf jika ada yang merasa tersinggung.

Setelah mencari-cari cara membuat navigasi blog,pilihan akhirnya jatuh kepada tutorial yang di buat oleh www.masyadi.com.Saya relakan mata dan otak untuk memperhatikan kode-kode html yang rumit dan sangat banyak.Pusing.Mulailah saya mengikuti tutorial yang ada di blog tersebut,trima kasih bos tutorialnya.Jika anda ingin mencobanya silahkan kunjungi alamat tersebut,baca dengan teliti dan ikuti dengan benar.Dan ingat disana ada sebuah update yang ada dibagian akhir postingan.Anda tidak perlu takut dan ragu untuk mencobanya,karena saya sendiri sudah berhasil membuatnya.Dengan sedikit edit tampilan blog dengan desainer template yang ada di blogger akhirnya tampilan blog bisa saya sesuaikan dengan navigasi yang saya buat tadi.Cara memasang navigasi ini akhirnya saya jadikan sebagai bahan percobaan untuk memahami tentang kode html,terutama untuk membuat navigasi blog.Sebagai catatan bahwa setelah saya berhasil memasang menu navigasinya ternyata menu tersebut tidak bisa digunakan langsung begitu saja.Setelah saya coba klik pada menu tersebut hasilnya adalah laman blog saya tidak bisa tampil.Error page.Untuk itu saya mencoba untuk memahaminya.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah membuat blog baru untuk menyimpan kode html yang lama.Ada cara lain untuk menyimpan template ini yaitu dengan mendownloadnya terlebih dahulu pada menu cadangkan template yang ada di blogger.Tapi hal ini tidak saya pilih dengan alasan agak merepotkan karena harus pasang ulang nantinya.Jika dengan membuat blog baru,saya bisa dengan leluasa meletakkan kode html pada menu edit html yang ada di blogger.Kemudian bisa di  kopi paste kapan saja jika menemui kegagalan saat edit html untuk blog yang lama.Dan benar-benar terjadi tampilan blog jadi berantakan,dan harap maklum karena masih tahap mengenal html.

Kemudian saya masuk ke dashbor blog yang akan saya edit htmlnya.Masuk menu template dan edit html.Jika anda ingin mengikuti langkah-langkah saya ini maka caranya adalah ;
  1. Klik pada tulisan kode-kode html,tekan tombol ctrl + f untuk menampilkan kotak pencarian.Ketikkan masyadi.com kemudian enter,maka akan tampak jelas tulisan masyadi.com pada kode html.
  2. Cari tulisan masyadi.com yang tampil pada urutan pertama.Tulisan ini nantinya akan kita ganti dengan alamat url blog kita.Oleh karena itu bukalah blog anda pada bagian utamanya,home.Klik kanan pada urlnya kemudian pilih kopi.Biar tidak membingungkan bukalah blog anda pada jendela yang baru.
  3. Kembali pada kode htmlnya,hapuslah tulisan masyadi.com yang tadi kemudian klik kanan pada tempat itu,pilih paste.Jika langkah anda benar maka akan terkopi alamat url blog anda.
  4. Silahkan simpan template anda dengan klik simpann template yang ada pada menu tersebut.
  5. Jika sudah selesai proses simpan templatenya cobalah lihat kembali blog anda dan kliklah menu home pada tombol navigasi yang telah kita buat.Disana akan tampil menu utama blog anda.Sudah tidak error lagi.
  6. Selanjutnya carilah tulisan menu 1 yang berada di bawah tulisan home yang tadi kita edit.
  7. Ini adalah nama dari menu navigasi blog yang asli,gantilah dengan nama blog yang anda inginkan.Saya mengganti tulisan ini dengan MESIN BUBUT.Hal ini berarti tulisan menu 1 ini berubah menjadi MESIN BUBUT pada tampilan blog saya.Jika anda membiarkan kode '#' yang berada disebelahnya maka jika di klik menu ini ( MESIN BUBUT ),maka tidak akan tampil apa-apa.Karena saya sudah membuat label dengan nama mesin bubut,maka saya ganti kode # tadi dengan alamat url label mesin bubut pada blog saya.Jangan menghapus tanda kutipnya gantilah tanda # nya saja.
  8. Pahamilah bahwa tanda # adalah alamat url yang akan kita tampilkan saat menu di klik.Sedangkan tulisan menu 1 adalah nama dari menu yang akan kita tampilkan pada tampilan blog kita dan ini berfungsi sebagai tombol untuk url yang akan kita tampilkan.
  9. Dengan langkah yang sama lakukanlah pada menu ataupun sub menu yang lain.Yang harus anda perhatikan dalam membuat menu navigasi ini adalah tanda #,nama menu,label postingan dan url label postingan.

Saya tidak bermaksud untuk menggurui siapapun.Hal ini merupakan kebahagiaan bagi saya karena menemukan hal-hal yang baru.Tidak sedikit orang terutama blogger pemula seperti saya yang berani mencoba untuk mengedit html blognya.Jangankan mengeditnya,melihatnya saja sudah pusing dan ketakutan.Saya tekankan bahwa untuk mengedit html untuk navigasi blog tidaklah seseram yang anda bayangkan.Sangat mudah untuk diparaktekkan.Tinggal kopi paste saja.


Pada awalnya postingan saya kali ini saya buat sebagai curhatan saya tentang blog saya yang sudah tiga kali ditolak adsense.Pada kenyataannya postingan ini malah justru berubah menjadi sebuah tutorial navigasi blog.Sekali lagi maaf,saya benar-benar tidak bermaksud menggurui,hanya share tentang masalah yang sedang saya hadapi,saya mencoba memecahkannya kemudian membagikannya.Walaupun hal ini belum tentu menjadi sebab diterimanya blog saya pada program adsense.Karena PR yang diberikan oleh adsense tidak hanya ini saja,ada enam poin.Semoga bermanfaat,Tukang Bubut amatiran.

  









No comments:

Post a Comment