Saturday 12 March 2016

PENGALAMAN DITOLAK ADSENSE

MENDAFTAR ADSENSE

Melanjutkan curhatan yang lalu tentang penilaian adsense terhadap postingan saya,kali ini akan saya bagikan pengalaman saya dalam mendaftar program adsense.Bagi yang belum membaca kisah saya silahkan baca tentang artikel konten yang tidak memadai mungkin hal tersebut bisa menjadi tolak ukur artikel sobat semua.Atau bahkan akan menjadi sebuah bahan tertawaan bagi sobat.

Setelah melewati proses mendaftar yang pertama,selang seminggu akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba.Pihak adsense memberikan jawaban bahwa adsense menolak blog saya.Perasaan dag dig dug mulai merasuk kedalam jiwa melihat kutipan jawaban adsense yang kurang lebih seperti ini :

Kami tidak menyetujui permohonan Anda karena beberapa alasan yang tercantum di bawah iniKonten tidak memadai: Guna mendapatkan persetujuan untuk AdSense dan menampilkan iklan yang relevan di situs Anda, laman Anda harus berisi teks yang memadai agar pakar kami dapat melakukan peninjauan dan perayap kami dapat menentukan tema laman Anda.

Untuk menyelesaikan masalah ini, harap pelajari saran berikut:

  • Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai - situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video, atau animasi Flash tidak akan disetujui.
  • Konten Anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekadar judul.
  • Pastikan situs web Anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense - jangan ajukan permohonan ketika situs Anda masih dalam versi beta atau tahap "sedang dibuat" atau hanya terdiri dari kerangka situs web.
  • Tempatkan kode iklan di laman aktif situs web Anda. Tidak harus berupa laman utama, namun laman percobaan yang kosong kecuali untuk kode iklan AdSense tidak akan disetujui.
  • Sediakan sistem navigasi yang jelas untuk para pengunjung agar mudah menemukan semua bagian dan laman dalam situs web Anda.
  • Jika Anda ingin memonetisasi video YouTube, ajukan permohonan untuk program monetisasi YouTube. Perhatikan bahwa blog dan situs web yang hanya berisi video tidak akan disetujui.

Sungguh sebuah pekerjaan rumah yang pasti akan sangat melelahkan bagi saya.Pendaftaran ditolak dengan segitu banyak catatan yang harus saya perbaiki.Pekerjaan saya mulai dengan kembali melihat postingan-postingan yang sudah saya buat.Terbesit dalam hati bahwa betapa bodohnya diri ini.Dari segitu banyaknya postingan ternyata menurut saya sendiri memang sangatlah tidak bermutu.Dari mulai pemilihan bahasa yang tidak baik sampai jumlah kata dalam setiap satu postingan.

Menanggapi pekerjaan rumah yang pertama bahwa laman harus berisi teks yang memadai,situs web yang sebagian besar gambar video atau animasi tidak akan disetujui.Hal ini sangatlah benar melihat postingan saya yang kebanyakan adalah gambar,bahkan ada yang berupa animasi flash.Yang lebih parah lagi ada postingan yang berupa gambar saja.Belakangan saya pahami bahwa dunia blog adalah dunia artikel bukan ajang untuk memajang foto,kalau ingin majang foto silahkan ke facebook atau instagram saja,jangan di blogger.Mencari-cari informasi tentang permasalahan ini akhirnya ketemu sebuah artikel yang menjelaskan bahwa kita harus berusaha untuk membuat sebuah artikel dimana pada setiap postingan diusahakan untuk mengandung seribu sampai seribu lima ratus kata.Kemudian saya membandingkan dengan postingan saya yang hanya berisi pembukaan dan penutupan saja,lainnya berupa gambar.Senyam-senyum sendiri ketika melihat-lihat postingan yang sudah saya buat.

Poin yang kedua tentang konten anda harus berisi kalimat dan berupa pragraf lengkap bukan sekadar judul saya tanggapi dengan menghapus setiap pos-pos yang ada dan masih berupa judul saja.Karena memang itu saya buat sebagai sebuah kerangka artikel.Dari sekitar 70-an postingan akhirnya saya ringkas menjadi hampir setengahnya,kurang lebih sekitar 36 postingan.Ada hal yang mengganggu dalam hati,bukankah kalau masih berupa draft postingan tidak akan nampak di blog,soalnya belum di publikasikan,harusnya hal ini tidak menjadi masalah,tapi entahlah saya sendiri tidak tahu.Poin ketiga juga sama dan saya jawab dengan mengedit postingan.

Untuk penempatan kode iklan pada laman,hal ini tidak bisa saya jawab.Karena blog saya tidak lulus tahap pertama.Walaupun belakangan akhirnya saya ketahui cara membuat kode iklan di blog.Yang benar-benar menguras pikiran adalah tentang sistem navigasi yang jelas.Saya coba-coba untuk melihat blog teman-teman yang sudah senior.Kemudian saya kembali membandingkan dengan blog saya.Ada banyak perbedaan yang mencolok tentang sistem navigasi ini.Kemudian blog saya pasang beberapa laman seperti kontak,term of service,privacy policy dan about us.Tidak ketinggalan saya juga memasang label yang disusun mendatar yang saya maksudkan seperti sebuah menu navigasi blog.

Dengan modal pemahaman sendiri terhadap penolakan adsense diatas akhirnya saya kembali mendaftar adsense.Saya mendaftar ulang melalui link yang disertakan dalam balasan adsense.Saya mendaftar ulang dengan alamat email yang sama.Selang lima hari akhirnya adsense kembali menolak saya.Pusing.Postingan sudah diedit,laman sudah dibuat,navigasi juga sudah dibuat,dan tetap ditolak.Kembali mencari-cari informasi,terutama tentang navigasi blog.Ternyata pemikiran saya salah,navigasi tidaklah sama dengan label blog.walaupun dari segi tampilan hampir sama.Masalah ini saya coba pecahkan dengan mendownload sebuah template blog yang sudah menyediakan menu navigasi.Saya pikir akan mudah dalam menggunakannya,ternyata masalah navigasi ini begitu ribet.Setelah template dipasang,tampilan blog justru berantakan.Bingung dan tidak tahu harus berbuat apa.Mulailah saya belajar tentang mengedit begitu banyak kode html yang ada di template blog.Setelah bisa memasang menu navigasi,walaupun belum siap karena menu navigasi masih ada yang kosong,akhirnya saya kembali mencoba mendaftar.Setelah mendaftar ketika itu pula saya langsung membuat kode iklan dan saya tempatkan di blog.hal ini saya lakukan karena melihat saran yang senior blogger berikan pada postingannya.Beliau adalah mbak indri,sang juragancipir.com.Tidak sampai dua hari akhirnya ada balasan dari adsense dan kembali di tolak.Sedih,pusing dan semangat.

Sampai saat ini blog masih dalam kondisi berantakan,kembali membuat sebuah navigasi namun dengan template asli bawaan blogger.Tempalte hasil download sudah saya hapus.Mungkin tidak ada hal yang bisa diambil manfaatnya dari tulisan ini.Paling tidak bahwa bagi teman-teman yang sudah ditolak berkali-kali,anda harus tetap semangat,karena masih ada saya yang masih tahap belajar dalam dunia blogger.tetap semangat dan semoga berhasil.Tukang Bubut amatiran.







No comments:

Post a Comment