Friday 4 March 2016

Cara membuat segi enam POLYGON dengan autocad 2010

POLYGON


Perintah polygon,merupakan salah satu perintah dalam autocad yang terdapat pada toolbar draw.Perintah ini berfungsi untuk membuat segi beraturan,baik segi tiga,empat,lima,enam dan seterusnya.Untuk mempermudah kita tentukan saja segi yang kita maksud yaitu segi enam.Ada dua tipe segi enam  yang bisa kita buat dengan polygon ini,segi enam di dalam lingkaran dan di luar lingkaran.Segi enam didalam lingkaran bisa kita gunakan sebagai garis bantu ketika kita akan membuat lingkaran dengan jumlah 6 buah pada pcd tertentu.Pada teknik mesin gambar lingkaran dengan jumlah 6 buah atau lebih pada suatu pcd ini sangat sering digunakan.Begitu juga dengan segi enam diluar lingkaran,perintah ini sering digunakan untuk membuat gambar kepala baut segi enam.

Untuk membuat segi enam didalam lingkaran langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah :
  1. Pilih tipe garis yang akan kita buat dengan mengeklik pada menu layer,jika belum faham silahkan baca disini ( layer kontrol ).
  2. Ketikkan POLYGON pada keyboard atau klik perintah polygon yang ada di toolbar draw,gambar segi 5.
  3. Akan muncul dialog " enter number of sides " ,ketik angka 6,enter.Jika dialog ini tidak muncul,silahkan klik tombol dynamic input yang berada dibawah menu command.
  4. Klik sembarang tempat pada layar,maka akan muncul dialog " enter an option ",klik bagian yang atas ( inscribed in circle )
  5. Isikan nilai dari jari-jari lingkaran yang akan kita gunakan sebagai pcd atau sebuah lingkaran diluar segi enam,sebagai latihan isikanlah nilai 50.Untuk mempermudah tampilan segi enamnya,silahkan klik tombol ortho mode yang ada dibawah menu command.
  6. Selesai.
Sebagai contoh untuk membuat segi enam diluar lingkaran kita akan membuat kepala baut untuk baut M 12.Ukuran kunci untuk baut ini adalah kunci 19,maka langkah untuk membuat gambar segi enamnya adalah :
  1. Dengan langkah yang sama dan kita langsung menuju pada langkah ke 5.Pada dialog " enter an option " maka kita pilih baris kedua yaitu " circumscribed about circle ".
  2. Berikan nilai setengah dari 19 ( kunci baut m12 ) yaitu sebesar 9.5,enter
  3. selesai.
Semoga bermanfaat dan mudah dipahami,Untuk melihat cara menggunakan perintah line pada autocad silahkan baca disini.Tukang Bubut amatiran.


No comments:

Post a Comment