Saturday 19 March 2016

CURHAT MENGENAI SERBUK BESI YANG MASUK KE MATA

PENGALAMAN MATA TERKENA SERBUK BESI


Sobat tukang bubut amatiran,pekerjaan bengkel memang pekerjaan yang penuh dengan resiko.Banyak sekali bahaya yang mengintai seorang karyawan bengkel,terutama bengkel permesinan atau lebih tepatnya bengkel las dan bubut.Saya yakin sebagian besar dari karyawan bengkel sudah tahu atau mungkin justru sudah pernah mengalami apa yang kali ini akan saya ceritakan.Sebuah pengalaman buruk seorang karyawan bengkel bubut dan las.

Sebagai seorang tukang bubut tentu sudah hal yang biasa dalam menggunakan mesin gerinda,baik itu gerinda tangan atau gerinda pahat bubut.Keduanya sama-sama menimbulkan resiko yang besar jika sedang bernasib tidak bagus atau sedang lalai.Kenapa saya katakan sedang bernasib tidak bagus,karena terkadang orang lain yang menggerinda tetapi resikonya kita yang menerimanya.Dalam hal ini adalah serbuk besi saat menggerinda mengenai kita sementara orang lain yang menggerinda justru aman-aman saja.Karena serbuk gerinda ini beterbangan kemana-mana.Saya katakan lalai karena itulah salah satu kebiasaan buruk yang ada pada kita,kita lebih sering tidak memperhatikan keselamatan kerja,kita lebih mementingkan resiko buruk yang akan kita terima.

Pernah suatu ketika,pada saat mengasah pisau bubut saya rasakan ada sesuatau yang mengganjal dimata saya.Sebagai reflek dari apa yang saya rasakan ini tentu tangan saya langsung mengucek mata saya.Sebagai kasus pertama tentu saya masih belum tahu tentang permasalahan seperti ini.Seperti biasa,aktifitas saya dalam bekerja saat itu berjalan masih normal.Membubut,mengelas dan sebagainya.Menjelang sore ketika waktunya untuk pulang kerja,mata ini terasa masih mengganjal.Saya pikir ini adalah efek dari mengelas yang tadi saya lakukan.Hal ini saya biarkan saja tanpa ada tindakan apapun.Sampai pagi hari akhirnya baru saya sadari ternyata mata saya merah sekali.Terasa sangat perih dan sakit jika terkena cahaya lampu.Setelah melakukan aktifitas pagi diantaranya adalah sarapan dan siap-siap kerja,kemudian saya putuskan dulu untuk pergi ke pasar.Saya akan membeli daun sirih yang akan saya gunakan untuk mencuci mata saya.

Singkat cerita kemudian daun sirih ini saya cuci dan saya ambil dua lembar.Dua lembar daun sirih ini saya remas-remas kemudian saya masukkan kedalam segelas air panas penuh.Pekerjaan berjalan seperti biasa meskipun ada sedikit kendala yang saya dapati dari mata saya ini.Setelah dirasa air daun sirih tadi dingin,saya buang dahulu daun sirihnya.Saya tempelkan mata saya pada bibir gelas,dengan menundukkan kepala,kemudian mata saya kedip-kedipkan pada air daun  sirih ini.Kegiatan ini saya lakukan berulang-ulang,setiap hari bisa lima atau tujuh kali.Kegiatan ini biasa saya sebut dengan limbang mata.Satu dua hari mata masih terasa pedih dan masih merah,setiap hari saya masih selalu melimbang mata saya.Sampai pada saat dimana kalau tidak salah ini terjadi pada hari ke tujuh.Pada saat dimana saya melihat seperti ada sebuah pasir yang berada pada dasar gelas.Mata saya juga sudah terasa rada enak,tidak begitu perih.Pembaca pasti tahu bagaimana rasanya jika kita kelilipan kemudian kita berhasil membuang benda yang masuk ke mata,pasti rasanya beda.Setelah itu mata saya tidak lagi terasa perih walaupun masih rada merah.Hingga kemudian mata saya sampai benar-benar pulih seperti sedia kala.Ternyata penyebab mata merah saya adalah ada serbuk besi yang masuk ke mata,bukan karena terkena sinar las.

Pengalaman saya tidak berhenti sampai disitu saja.Sudah banyak makan garam saya tentang serbuk besi yang masuk ke mata.Kejadian kedua terjadi ketika saya sedang membubut,tiba-tiba terasa seperti ada serbuk yang masuk ke mata saya.Saya terus berusaha untuk membuat mata saya melotot,tidak berkedip sedikitpun.Saya pergi menuju sepeda motor,arah tujuan saya adalah spionnya.Saya akan gunakan spion motor untuk melihat mata saya dan ternyata benar,ada serbuk besi yang menempel dimata saya.Saya ambil uang kertas yang masih baru kemudian saya lipat sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah sudut yang lancip.Lancipnya uang kertas ini akan saya gunakan untuk mencongkel serbuk besi yang ada di mata saya.Dengan sedikit berlinang air mata akhirnya serbuk besi ini pun bisa terangkat.Dengan demikian selamatlah mata saya dari gangguan ini.

Pengalaman ketiga terjadi ketika saya sedang mengasah pahat bubut.Seperti biasa saya langsung bergegas ke spion sepeda motor.Saya coba untuk melihatnya,ternyata tidak terlihat.Timbul pemikiran berarti ini hanya perasaan saya saja,tidak ada serbuk besi yang masuk ke mata.Anehnya sampai sore bahkan sampai malam hari mata saya masih terasa mengganjal,hampir sama seperti ketika terkena api las-lasan.Sampai suatu ketika ketika adik saya menanyakan perihal mata saya,kenapa mata saya merah sebelah.Saya pun masih menganggap ini tidak apa-apa,karena saya rasa masih normal untuk melihat.Hingga keesokan harinya mata saya benar-benar terasa sakit untuk melihat,apalagi jika terkena angin,perih banget rasanya.Dengan sangat hati-hati saya mengendarai motor saya ke tempat kerja.

Sesampainya di tempat kerja,saya langsung keliling untuk mencari rumah sakit yang bisa mengangkat serbuk besi yang ada di mata saya.Sudah begitu banyak rumah sakit ternyata tidak ada yang sanggup dan hanya memberikan surat pengantar saja.Sebenarnya ada sebuah klinik kecil langganan bengkel untuk berobat,dan sudah biasa menangani kasus seperti saya ini,cuma harus menunggu sore hari.Karena pada pagi harinya sang dokter harus praktek di sebuah rumah sakit.Akhirnya saya putuskan untuk menunggu sampai sore.

Sekitar jam lima sore saya berangkat ke klinik langganan bengkel.Setelah mendaftar saya diminta untuk menunggu.Tidak lama datanglah dokternya,kemudian ditanya,sakit apa mas,,?.Ini dok,mata saya kena serbuk besi.Pertama kali yang dilakukan dokter ini adalah justru marah-marah kepada saya.Saya di tanya ini dan itu kenapa tidak menggunakan kaca mata.Hal ini dia tanyakan karena sudah cukup sering menangani kasus ini,dan pasiennya adalah dari tempat dimana saya bekerja.Saya diminta untuk berbaring,membuka mata lebar-lebar.Kemudian sang dokter mengambil sebuah jarum suntik yang di bengkokkan.Diambilnya lampu senter kemudian di cek berada di sebelah mana serbuk besi itu.Setelah ketemu kemudian diarahkannya jarum itu menuju target.Sangat terasa di mata ketika ujung jarum itu mulai bersentuhan dengan serbuk besi.Grek-grek,dua tiga gerakan jarum terhadap serbuk besi yang menempel pada mata saya.Kemudian saya diminta untuk beristirahat sejenak,dalam hal ini adalah mengistirahatkan mata,karena pasti pegal.Sang dokter kemudian mengisi suntikannya sengan air steril.Disiramlah mata saya dengan air itu.Kembali dia mengecek mata saya dengan menggunakan senter dan ternyata masih ada.Mulailah untuk eksekusi yang kedua,dengan cara yang sama hingga diputuskan benar-benar serbuk besi sudah terangkat.Mata saya di perban dan saya diberi sebuah salep mata,katanya untuk mencegah infeksi.Sebelum pulang tidak lupa saya harus membayar ongkos lima puluh ribu rupiah ( sebagai catatan hal ini terjadi sekitar tahun 2009 ).Seiring berjalannya waktu mata saya ini kembali normal dalam dua atau tiga hari.

Pengalaman ke empat saya tentang serbuk besi ini terjadi belum lama,mungkin tiga atau empat bulan yang lalu.Masih bisa saya atasi dengan menggunakan uang kertas yang baru.Ketika ada teman saya yang terkena serbuk besi,saya perintahkan untuk melihatnya dahulu pada spion sepeda motor.Ternyata tidak terlihat.Kemudian saya sarankan untuk menyiramnya dengan air bersih sampai benar-benar telepas dan cara ini pun berhasil.

Sudah sangat sering saya mengalami kejadian seperti ini.Saran saya untuk mencegah hal ini terjadi adalah menggunakan kaca mata.Jika sudah terasa terkena serbuk besi maka jangan kedipkan mata anda apalagi menguceknya.Hal ini akan mengakibatkan serbuk besi menjadi menancap lebih dalam pada mata anda dan tentu akan semakin sulit untuk mengangkatnya.Anda bisa menggunakan uang kertas yang masih baru atau dengan cara yang lebih simpel yaitu dengan menyiramkan air ke mata.Biasanya jika tidak terlihat ketika mata dilihat dengan kaca,serbuk besi ini menempel tepat pada kornea mata,bagian bulat mata yang berwarna hitam.Jika sudah benar-benar menancap saran terbaik saya adalah pergilah ke dokter.Berikan tugas ini pada spesialisnya.Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati.Semoga bermanfaat,Tukang Bubut amatiran.

Silahkan dibaca juga :
cara membuat drat dengan mesin bubut 




34 comments:

  1. Ssenasib,,,,bru saja tdi sore mata ane terkena serpihan gram kuningan ,,,rasanya pegal pless perih sperti mengganjal didalam mata,,,,sampe sekarang pun masih terasa ada yg mengganjal
    Sudah sering mata saya terkena gram kuningan dalam aktivitas nge nggrenda
    Saya mau nanya,,,,sakit kaga? Watku di oprasi kecil2 sama dokter? Hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ngalami brow sampai skr masih bekas putih g smbuh smbuh punya solusi g brow

      Delete
  2. saya belum pernah sampai operasi mas bagyo,,cerita di atas hanya di ambil menggunakan jarum suntik dengan cara di senggol senggol sampai lepas geramnya,,sekedar saran,,jika suatu saat kena geram lagi,,siram saja mas pakai air,jangan dulu di kucek matanya,,biasanya bs langsung keluar geramnya,,utamakan keselamatan kerja mas bagyo,,NB : sory lambat bls nya,,,biasa dah kecapek an ,,hehe,,

    ReplyDelete
  3. Di luhat dari ceritanya ,sepertinya saya mengenal anda,tukang bubut sejak 1986.dari tjokro group PIMSF

    ReplyDelete
  4. Mas admin itu proses pengambilan gram Yg diklinik biasa bengkel mas berobat disitu pengambilan gramnya pake jarum Ap pake Ap mas? Saat ini sy sedang sakit mata akibat gram, gramnya berhasil lepas pas ditengah yg hitam pengambil nya pke jarum, saat ini mata sy buram mas melihatnya.

    ReplyDelete
  5. Dulu saya diambilnya pake jarum mas abdullah.. Biasanya akan normal dlm tiga hari an.. Stelah sehari juga sudah tidak sakit matanya.. Tapi masih merah.. Smoga lekas sembuh mas abdullah..

    ReplyDelete
  6. Saya juga pernah kenak gram udh d bwa k dokter tp smpai sekrng blm sembuh msih ada bekas putih d bola mata hitam apa ada solusinya kawan untug nyembuhin mau k doter takut karna g punya biaya juga takut d oprasi yg tau tlong d blz makasih

    ReplyDelete
  7. Selama gram nya sudah lepas dr mata,, insyaAlloh aman mas.. Jangka waktu seminggu sudah akan normal penglihatannya..kalo masih terasa mengganjal, pedih dan merah stelah dr dokter,, kmgkinan masih ada gramnya,, intinya gram harus sudah keluar dr mata,, sprt yg sy utarakan d atas,, sy pernah seminggu kena gram,, tidak sy bawa k dokter.. Cma sya limbang pake air rendaman daun sirih.. Krg lebih seminggu gram nya bs lepas sndiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seminggu dari kenak gram itu d bwa k UGD mas tp sampai sekarang msih ada bekas nya pitih d tengah" jd agak gak begitu terang klau meliat tulisan mau periksa ke dokter lg takut s oprasi apa ada saran mas untug d obatin sndiri makasih

      Delete
    2. Cba d cuci pake air rendaman daun sirih mas.. Skedar saran tapi ya.. Krn bs jd itu luka yg trlalu lebar... Scr pasti obatnya sy ga tahu.. Mgkin dr kedokteran yg bs jawb.. Tp klo cma skedar kna gram gerinda atau bubut.. Biasanya ga bgtu lebar mas.. Sprt yg prnah sy alami,,mata kmbali normal, dgn catatn gram sudah terlepas..

      Delete
  8. Mas d mata pas hitamnya ada keluatan menempel tpi sulit buat d ambil seakan2 sudah di lem. Pertntaan saya itu serbuk besi apa luka kerna serbuk besi grinda yg panas

    ReplyDelete
  9. Cba ambil uang kertas yg masih baru.. Lipat shg mjd runcing.. ( sprt lipatan kertas ktika mmbuat pesawt terbang mainan), cba sentuhkan dgn luka yg mas maksud.. Antara masih ada dn tidak ada gramnya nanti akan klihatan beda nya.. Klo masih kerasa ada ( kerasa grek grek),, usahakn smpai lepas mas.. Sprti kasus sy dulu,, sy pernah bgtu.. Dn sy cuci dgn air daun sirih selama seminggu.. Trnyata gramnya bs lepas sndiri.. Terlihat jatuh dn ada di dasar gelas,, tp sarn sy,, harus sgera d lepas gramnya..
    Cara cuci dgn air daun sirih. :
    Siapkan air panas dlm gelas ( sampai penuh),,remas remas daun sirih kmudian masuk kan dlm gelas,, tunggu smpai dingin
    Letakkan mata pd permukaan air yg ada d gelas.. Kedip - kedip kan.. Jangan d tetes kan sprt obat tetes. Tp kedip kedip kan pd gelas dgn kepala mghadp ke bawah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya pernah kemasukan serpihan besi di mata waktu menggerinda, sangat perih, berbagai cara dilakukan seperti merendam di air juga pakai air daun sirih tetap tidak berhasil, setelah 1 hari menahan perih di mata baru terpikir magnet dapat menarik besi, jadi saya coba sendiri menggunakan magnet kuat, ternyata berhasil bisa terangkat.
      itu pengalaman yg pernah saya rasakan...
      saran saya sebelum digunakan bersihkan dulu magnet dengan alkohol.

      Delete
  10. 3 hari kemaren saya juga mengalami hal tsb mas, saya juga udah ke dokter spesialis mata di rsi surabaya tapi alhasil gram masih belum bisa terambil katanya saking dalamnya menancap dimata saya. Dan dokter menyarankan nunggu 3hari untuk kembali ke rsi, katanya kornea bisa kembali dan gram tsb bisa trsundul dan cuma dikasih salep mata
    .yang saya tanyakan apakah bisa trsundul dngan dibiarkan 3hari, saya takut malah ketutup.
    Tolong solusinya

    ReplyDelete
  11. 3 hari kemaren saya juga mengalami hal tsb mas, saya juga udah ke dokter spesialis mata di rsi surabaya tapi alhasil gram masih belum bisa terambil katanya saking dalamnya menancap dimata saya. Dan dokter menyarankan nunggu 3hari untuk kembali ke rsi, katanya kornea bisa kembali dan gram tsb bisa trsundul dan cuma dikasih salep mata
    .yang saya tanyakan apakah bisa trsundul dngan dibiarkan 3hari, saya takut malah ketutup.
    Tolong solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.tidak perlu datang lagi ke rs itu mas,saya yakin mereka tidak bisamengatasi,karena intinya adalah bagaimana gram tersebut bisa keluar,dan mereka sudah jelas tidak bisa,saran saya,cari ke dokter yang lain,kalo ada ke mantri kesehatan aja mas,biasanya kalo bs mereka akn menggunakan jarum suntik untuk memaksa mengeluarkan gram nya.Tanya dulu dokternya perihal cara mengeluarkan gramnya mas,,kalo emang ga bisa,langsung pulang dan cari dokter lain aja,

      2.sperti yang saya ceritakan di atas,saya me limbang mata saya dengan air daun sirih,waktu itu butuh wktu sekitar seminggu dan gram nya bisa keluar sendiri,

      3.kalo bs terlihat coba keluarkan sendir aja mas gramnya.

      semoga lekas sembuh mas ilham.

      Delete
  12. Mata saya kena serbuk karat waktu menggerinda saya usap gak bisa keluar tepatnya menempel di dekat kornea mata, solusinya bagaimana trima kasih

    ReplyDelete
  13. Mas cahyo bs menggunakan uang kertas yg masih baru.. Lupat mengerucut ke ujung pinggir supaya lancip.. Gunakan untuk mencongkel gramnya... Gram itu harus keluar.. Knp susah keluar,, karena sudah mas kucek kucek matanya,, cba minta bantu temen yg mencongkelnya supaya gak kerepotan,, smoga lekas sembuh mas cahyo..

    ReplyDelete
  14. Mohon tuk dibalas karna skafang saya mengalami hal tsb dan serbuk besi udh dokter angkat dirumh sakit namun saya cex mata saya masih ada bekas titik putih ditengah bola mata .. Nah pertanyaannya sesuai yg abang alami apa titik putih bekas kena percikan besi tsb akan hilang apa akan terus ada ?

    ReplyDelete
  15. Saya juga kena dan berhasil saya congkel pkai kabel serabut 1 helai.dan udh 5hri ini masih perih bgt kena cahaya dan angin.apa itu normal om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cba pastikan dulu gramnya udah bner bner hilang apa belum... Biasanya kalau sudah hilang gramnya,, mata cepat normal nya.. Biasanya 3 hr sudah normal..

      Delete
  16. Pengalaman mas Tejo jos,tulisannya bisa dibaca sekian banyak orang yang mengalami serupa seperti saya ini. Mata kanan saya juga kena gram pas grinda, rasanya perih seperti ditusuk-tusuk, silau jika kena sinar seperti ingin tidur, Alhamdulillah gram sudah diambil dengan bantuan dokter, tapi yg saya rasakan sekarang (1 Minggu) setelah pengambilan gram mata masih terasa gemandul, baca tulisan seperti ada bayangan. Solusi e apa ya biar tidak silau. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba gunakan daun sirih seperti yang saya tulis di atas, saya kurang tau juga nih mas wawan,, kondisi nya gram itu sudah benar-benar keluar apa belum, biasanya kalau sudahbga ada geramnya, ke esokan harinya sudah enteng di mata,. Sebaiknya periksa lagi k dokter untuk memastikan masih enggaknya gram di mata. Daun sirih sifatnya menyejukkan sekaligus bisa juga mengeluarkan secara alamai, tapi lama prosesnya.

      Alhamdulillah jika tulisan ini bermanfaat.. Trims..

      Delete
  17. Maaf mas, sya kena sebuk matanya, dan seukuran pasir kecil nempel di tengah korne, itu gimana ya kalo sebesar pasir kecil lepasinnya, soalnya sya coba2 susak buat kluar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas nama salep mata supaya gk infeksi setelah gram lepas apa ya

      Delete
    2. Engga tau mas,, sy engga pernah di salep setelah gram lepas, tk biarin gitu aja..

      Delete
  18. bang mau tanya mata saya dlu pernh kena gram gerinda sudah dicoba diambil menggunkan uang kertas yg dilipat tp tdk kena lalu berjalan 2-3 hari emg masih mengganjal tp lama lama seakan hilang dan mata saya kembali normal tidak ada yg mengganjal tp setelah berjalan 2 bln ini saya mulai sadar di mata saya ada semacam titik putih dan pndangannya pun awasnya mulai berkurng..saya minta sarannya bang alangkah baiknya saya bagaimana,saya baru pertama kali kena kelilipan kasus seperti ini mohon jawabannya.terimakasih

    ReplyDelete
  19. Saya baru saja pulang dari RS Mata karena sama kejadiannya, ada gram besi masuk kedalam mata dari aktifitas menggerinda 2 minggu lalu tapi baru kerasa malam tadi mata merah serasa ada yang mengganjal, setelah saya liat di kaca dengan senter ada seperti bintik hitam kecil di pinggiran bola mata yang hitam. Sudah saya coba untuk bersihkan pake air mengalir, ingat air mengalir nya harus air matang atau air mineral botol jangan air keran atau sumur karena nanti tambah infeksi, yang paling bagus pakai air NaCl steril beli di apotik. Tapi dengan air mengalir pun belum bisa keluar gram besi nya, jadi saya putuskan ke dokter mata di rumah sakit. Jangan di kucek-kucek, bahaya, nanti tambah dalam masuk serpihan gram besi nya tambah susah dikeluarkan dan bisa melukai mata berakibat infeksi, jangan juga dicoba mengeluarkan menggunakan benda tajam (uang, jarum dll) jangan, bahaya nya lebih besar, ingat ini mata, kalau mata yang hitam itu luka, dia tidak bisa regenerasi (memperbaiki dirinya sendiri) seperti kulit tubuh kita, luka nya akan membekas seumur hidup, makanya bahaya jangan sembarangan menggunakan alat-alat tajam untuk mengeluarkan gram besi tersebut jangan juga gunakan jari tangan yang tidak bersih nanti infeksi. Sampai di RS dokter nya mengambil tindakan dengan cara diteteskan bius mata dulu supaya tidak sakit, kita masih sadar tapi tidak sakit ketika dokter menggunakan alat semacam jarum untuk mengambil gram besi tersebut pelan-pelan. Proses cepat, begitu dikeluarkan rasanya lega tidak ada lagi yang mengganjal, namun memang bekas luka itu masih ada dimata dan mata masih merah. Dokter memberikan antibiotik tetes digunakan tiap 3 jam sekali sampai seminggu agar lukanya sembuh dan tidak infeksi. Alhamdulillah. Semoga kawan-kawan sehat semua.. Amiin.

    ReplyDelete
  20. tambahan sedikit diatas, sebelum dibawa ke RS, mata kita yang kena gram besi itu kalau bisa di tutup pake perban tapi jangan kencang-kencang yang penting tujuannya supaya jangan banyak mengedip, karena semakin banyak mengedip maka gram besi didalam mata tersebut dapat tambah melukai jaringan mata sekitarnya makanya mata tambah merah dan gatal, nanti takut kita refleks mengucek mata malah mengakibatkan gram besi masuk tambah dalam.

    ReplyDelete
  21. Apakah percikan api itu juga dibilang gram itu.

    ReplyDelete
  22. Pengalaman saya juga mas bro...​Tapi saya sampai tangan juga hingga gatal gatal

    ReplyDelete