Saturday 17 September 2016

PISAU DRAT PATAH KETIKA MEMBUAT DRAT

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika membuat drat dengan mesin bubut adalah pisau drat patah pada saat proses mengedrat.Masalah ini bisa terjadi karena beberapa hal diantaranya :
  1. Kualitas pisau yang tidak sebanding dengan kekerasan benda kerja.
  2. Tindakan memaksa menggunakan pisau yang sudah tumpul.
  3. Bentuk asahan pisau yang terlalu runcing jika dilihat dari samping.Hal ini mengakibatkan pisau bagian bawah menjadi tipis dan terlalu runcing.Sehingga mengakibatkan tumpuan yang lebih kecil dan mudah patah.
  4. Bentuk asahan pisau yang terlalu datar atau cenderung tinggi bagian belakang daripada bagian depan , pisau terlalu nunduk ( ini istilah yang saya gunakan ).Hal ini biasanya mengakibatkan gram / tatal menumpuk di pisau.
  5. Pemasangan pisau yang terlalu rendah terhadap senter benda kerja untuk drat luar atau terlalu tinggi untuk drat dalam.
  6. Menggunakan pelumas yang tidak bagus ketika mengedrat.
  7. Pemanbahan pemakanan yang terlalu banyak.
  8. Pisau menabrak pada bagian lain yang tidak seharusnya di drat.

 

CARA MENGATASI DAN SETTING ULANG PISAU DRAT YANG PATAH 


Pisau drat yang patah sudah pasti akan meninggalkan sisa patahan pisau di benda kerja yang di drat.Hal ini akan menjadi masalah karena sisa patahan pisau ini sifatnya sangat keras.Jika langsung dilanjutkan begitu saja proses membuat dratnya maka biasanya akan menyebabkan pisau drat kembali patah.Oleh karena itu sisa patahan pisau ini harus di hilangkan terlebih dahulu sebelum kembali mengedrat.

Untuk drat luar gergaji tangan merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk membuang sisa patahan pisau.Gergajilah pada bagian yang terdapat patahan pisau dan pastikan patahan tersebut sudah hilang.Atau juga bisa menggunakan drip ( besi keras yang di buat runcing ) untuk membuangnya.Gunakan drip ini untuk membuang patahan drat tersebut dengan mengarahkan ujungnya pada sisa patahan pisau kemudian memukul drip dengan palu.Pastikan sisa patahan tersebut benar-benar hilang.Jika kedalaman drat belum dalam masih ada cara lain untuk membuang patahan pisau ini,cara ini paling enak digunakan jika sedang membuat drat dalam.Caranya adalah dengan memaksa menggunakan pisau drat yang patah ini untuk mengedrat.Lakukan cara ini hingga patahan pisau benar-benar hilang.Perhatikan dengan seksama bentuk dratnya dan pastikan bahwa hasilnya akan tetap bagus setelah prose membuang sisa patahan pisau dengan cara ini.

Langkah selanjutnya setelah sisa patahan pisau berhasil di buang adalah mengasah pisau.Asahlah pisau dengan benar supaya hasilnya bagus.Jangan melepas handel drat yang ada di eretan bawah ketika melepas pisau.Sebenarnya ini adalah langkah aman terhadap jalur drat tetapi jika handel mesin sudah agak longgar,biasanya handel suka turun sediri,maka handel drat ini bisa dilepas sebagai langkah aman.Setelah di asah pasang kembali pisau pada rumah pisau,tentukan ketinggiannya karena setelah pisau patah biasanya ketinggian pisau akan berubah.

Untuk melakukan proses mengedrat selanjutnya maka tidak disarankan untuk langsung mengedrat begitu saja.Biasanya setelah pisau dilepas apalagi handel drat juga di lepas,jalur pisau akan bergeser.Jika langsung mengedrat tanpa setting ulang pisau maka hasil ulirnya juga akan bergeser dan membuat drat semakin bertambah rusak.Untuk melakukan setting ulang pisau maka nyalakanlah mesin sehingga pisau berjalan sama seperti proses mengedrat.Jika sedang membuat drat kanan maka pastikan pisau sudah berjalan ke arah kiri,dan jangan setting ulang pisau ketika pisau berjalan kearah sebaliknya meskipun hanya bergeser sedikit saja.Pastikan bahwa pisau benar-benar bergeser ke arah kiri.

Matikan mesin dan pastikan bahwa pada saat berhenti pisau benar-benar dalam langkah geser ke kiri.Carilah alur ulir yang bagus dan dekatkan pisau  pada bagian ini.Masukkan pisau pada alur drat dengan menggesernya menggunakan eretan atas.Pastikan ujung pisau drat masuk pada alur drat dengan tepat,dan inilah kunci dari setting ulang pisau drat yang patah.Pada saat pisau berada di alur drat dan dalam keadaan mentok, posisikan parameter / angka pada eretan lintang pada angka nol.Tarik keluar pisau dengan menggunakan eretan lintang dan proses mengedrat bisa dilanjutkan kembali.

Kunci dari setting ulang pisau drat adalah posisi pisau harus berada pada saat langkah mengedrat bukan pada saat langkah balik setelah mengedrat.Semoga bermanfaat dan salam TUKANG BUBUT amatiran.

Baca juga :
  1. Cara membuat drat dengan mesin bubut 
  2. Cara membuat as drat kotak



No comments:

Post a Comment